Tampil Modis Hingga Tangis Penyesalan Lucinta Luna, Terungkap Ganti Kelamin di Negara Ini

Tampil Modis Hingga Tangis Penyesalan Lucinta Luna, Terungkap Ganti Kelamin di Negara Ini
KOMPAS.com/Revi C Rantung
Editor: Malda K-Pop —Kamis, 13 Februari 2020 13:18 WIB

Terasjabar.id - Pesinetron Lucinta Luna menjadi perhatian masyarakat setelah ditangkap polisi terkait penggunaan obat terlarang.

Saat buka suara ke publik, penampilan Lucinta Luna menarik perhatian.

Lucinta Luna dihadirkan dalam jumpa pers yang digelar di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (13/2/2020).

Dikutip dari Tribunnews.com, Lucinta Luna menggunakan sendal swallow putih coklat, celana pendek merek Fila, topi NYC, masker hijau.

Lucinta Luna menggunakan baju oranye tahanan dan gaya rambut cornrow atau African Box Braids Extension yang merupakan rambut palsu.

Penampilan tersebut berbeda dibanding saat ia dirilis terkait kasus narkoba.

Saat itu ia tak menggunakan rambut palsu model cornrow dan hanya menunjukkan rambut pirang sebahu yang terurai.

Pihak kepolisian enggan membahas penampilan Lucinta Luna yang berubah selama berada di tahanan.

"Nggak sampai kesana (penampilan) pertanyaannya masa nanti potong rambut juga bingung juga lagi. Nanti juga ditanya lagi kalau ganti rambut botak," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (13/2/2020).

Tangis Penyesalan

Lucinta Luna (baju oranye) di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (13/2/2020)
Lucinta Luna (baju oranye) di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (13/2/2020) (TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra)

Sambil menangis, Lucinta Luna meminta maaf sudah menggunakan barang haram tersebut.

"Buat temen-temen media saya pribadi Ayluna Putri atau bisa dibilang LL, saya mau minta maaf kepada semua masyarakat Indonesia yang ada disini," kata Lucinta Luna Sembari menangis di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (13/2/2020).

Lucinta Luna kembali dihadirkan dalam rilis Polres Metro Jakarta Barat, penampilannya terlihat begitu nyentrik.

Menggunakan topi hijau tua, Lucinta Luna kembali menggunakan rambut palsu panjang berwarna pirang.

Ia pun mengaku mendapat tekanan batin usai ditangkap oleh kepolisia Polres Metro Jakarta Barat.

Lucinta Luna pun mengaku menyesal telah melakukan tindakan tersebut.

"Dengan tekanan saya, batin saya, saya melakukan kesalahan yang sangat fatal yang bisa merugikan diri daya sendiri. Saya cuma mau agar permohonan maaf saya dimaafkan, teman-teman semua dan temen artis juga," katanya dengan suara bergetar.

"Dan kalau bisa jangan mengikuti saya , jauhi narkoba. Saya berteimakasih kepada Polres Jakbar yang telah melakukan penangkapan saya. Semoga saya bisa menebus dosa, saya bisa menyesali apa yang saya lakukan," ucapnya.

Lucinta Luna ditangkap di apartemen kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Dalam penangkapannya ditemukan barang bukti berupa ekstasi, tramadol dan riklona.

Saat ini Lucinta Luna masih menjalani hukuman di tahanan Polda Metro Jaya di ruang tahanan khusus.

Polisi Pastikan Jenis Kelamin Lucinta Luna

Lucinta Luna saat menyampaikan permohonan maafnya usai ditetapkan sebagai tersangka.
Lucinta Luna saat menyampaikan permohonan maafnya usai ditetapkan sebagai tersangka. (TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra)

Polisi memastikan jenis kelamin Lucinta Luna adalah perempuan.

Hal itu setelah polisi menerima surat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan nomor 1230/Pdt.P/2019/PN.Jkt.Sel yang menerima permohonan ganti kelamin Lucinta Luna pada 20 Desember 2019.

"Dan sekarang statusnya yang bersangkutan seorang perempuan secara hukum sah dari pengadilan dengan nama diganti dari MF (Muhammad Fatah) menjadi AP (Ayluna Putri). Ini yang dianggap kami sah," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (13/2/2020).

Menurut Yusri, alasan polisi mempertanyakan jenis kelamin Lucinta Luna memang merupakan ketentuan dalam penyidikan.

Salah satu tujuannya untuk menentukan ruang tahanan kepada tersangka.

Karenanya, nantinya polisi akan menempatkan Lucinta Luna di dalam ruang tahanan wanita.

"Kita harus benar-benar yang pasti (jenis kelamin) sehingga akan kami tempatkan di sel wanita walaupun (saat ini) kami tempatkan di sel khusus dititip di Polda Metro," kata Yusri.

Sebelumnya, polisi sempat bingung menempatkan ruang tahanan bagi Lucinta Luna.

Sebab, ada perbedaan jenis kelamin Lucinta Luna antara di KTP dan Paspornya.

Berdasarkan paspor yang diterima polisi, tertulis jenis kelamin Lucinta Luna adalah laki-laki, sedangkan di KTP sudah perempuan.

Sedangkan pembenaran bahwa paspor Lucinta Luna adalah perempuan dengan nama asli Ayluna Putri sempat ditunjukan manajer Lucinta Luna, Joana usai menjenguk Lucinta Luna di Mapolres Metro Jakarta Barat, Rabu (12/2/2020).

Di paspor yang dipegang Joana, memang terpampang pas foto Lucinta Luna.

Dalam paspor itu tertulis nama Ayluna Putri yang lahir pada tanggal 16 Juni 1989 berjenis kelamin perempuan.

Paspor yang baru diterbitkan 3 Februari 2020 itu berlaku sampai 3 Februari 2025.

"Nih lihat laki atau perempuan," kata Joana sambil menunjukan paspor berwajah Lucinta Luna.

Sementara itu, Lucinta Luna yang diberikan kesempatan berbicara di depan awak media menyampaikan penyesalan dan permohonan maafnya.

"Buat teman-teman media yang ada disini, saya pribadi atas nama Ayluna Putri atau bisa dibilang Lucinta Luna. Saya meminta maaf kepada semua masyarakat Indonesia, dengan tekanan batin saya seperti ini saya melakukan kesalahan yang sangat fatal yang bisa merugikan diri saya sendiri," kata Lucinta Luna di depan lobby Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (13/2/2020).

Seolah tak kuat menahan kesedihan, air matanya menetes saaf Lucinta Luna berharap aga keluarga, teman sampai masyarakat luas mau menerima permohonan maafnya.

"Saya cuma mau agar permohonan maaf saya dimaafkan oleh kalian teman-teman, keluarga saya, teman artis dan kalau bisa jangan mengikuti langkah-langkah seperti saya," kata Lucinta.

Layaknya tersangka narkoba pada umumnya, Lucinta Luna pun meminta agar semua pihak menjauhi narkoba.

"Tolong jauhi narkoba dan saya terima kasih kepada semua bapak-bapak polisi Jakarta barat yang sudah melakukan penangkapan ke saya dari sini, saya bisa menebus dosa dan saya bisa menyesali apa yang saya lakukan," ucap Lucinta Luna.

Ganti Kelamin di Thailand

Berdasarkan catatan kepolisian, Lucinta Luna terlahir sebagai seorang laki-laki bernama Muhammad Fatah pada 16 Juni 1989.

Sejak berusia lima tahun, Lucinta Luna mengaku sudah berperilaku seperti perempuan, sehingga lebih nyaman menjadi seorang perempuan.

Hingga akhirnya pada 24 April 2016, Lucinta Luna memutuskan untuk operasi ganti kelamin dari laki-laki menjadi perempuan di Rumah Sakit Rajyindee, Thailand.

Hal tersebut tertuang dalam surat keterangan dokter Rumah Sakit Rajyindee nomor (A81) 5904240064 tanggal 27 April 2016 atas nama Muhammad Fatah.

Setelah lakukan operasi ganti kelamin barulah Lucinta Luna mengajukan permohonan perdata ganti kelamin dan ganti nama ke PN Jakarta Selatan pada 22 November 2019.

Berbekal putusan pengadilan itu, Lucinta Luna juga telah mengubah identitas di KTP dan Kartu Keluarganya dari Muhammad Fatah menjadi Ayluna Putri yang dikeluarkan Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

Yusri menerangkan, lantaran sudah ada putusan hukum yang menyatakan Lucinta Luna adalah perempuan, maka ia akan ditempatkan di ruang tahanan blok wanita

"Jadi enggak ada lagi pertanyaan ditempatkan di mana karena sudah ada keputusan pengadilan namanya berubah jadi MF menjadi AP," kata Yusri.

Menurut Yusri, alasan polisi mempertanyakan jenis kelamin Lucinta Luna memang merupakan ketentuan dalam penyidikan.

Salah satu tujuannya untuk menentukan ruang tahanan kepada tersangka.

"Kita harus benar-benar yang pasti (jenis kelamin) sehingga akan kami tempatkan di sel wanita walaupun (saat ini) kami tempatkan di sel khusus dititip di Polda Metro," kata Yusri. (Tribunnews.com/TribunJakarta.com)



Lucinta Luna Narkoba Polisi Polda Metro Jaya Gebby Vesta Abash Jakarta Barat Menangis


Loading...