Wartawan Ajak Bupati Bandung Barat Pungut Sampah, Aa Umbara: 30 Menit Sampah Pasar Panorama Langsung Bersih

Wartawan Ajak Bupati Bandung Barat Pungut Sampah, Aa Umbara: 30 Menit Sampah Pasar Panorama Langsung Bersih
BUPATI Bandung Barat Aa Umbara Sutisna bersama jajaran kepolisian, TNI, jurnalis, dan masyarakat berpartisipasi dalam gerakan pungut sampah di Lembang, Minggu 9 Februari 2020.* /CECEP WIJAYA SARI/PR
Editor: Admin Teras KBB —Senin, 10 Februari 2020 09:56 WIB

Terasjabar.id -  Para wartawan menginisiasi gerakan pungut sampah di Alun-alun dan Pasar Panorama Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu 9 Februari 2020. Kegiatan ini juga melibatkan unsur pimpinan daerah, kepolisian, serta TNI.

Gerakan pungut sampah dimulai dari Pasar Panorama lalu menyusuri jalan utama Lembang dan berakhir di Alun-alun Lembang.

Turut serta dalam kegiatan ini, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki serta Dansektor 22 Citarum Harum, Kolonel Inf Asep Rahman Taufik ini dimulai dari Pasar Panorama, para jurnalis serta masyarakat setempat.

Dari kegiatan itu, terkumpul sekitar 1 ton sampah yang kemudian diangkut ke TPA Sarimukti.

"Selama 30 menit, sampah pasar Panorama langsung bersih. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran acara ini," kata Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna.

Umbara mengapresiasi kegiatan ini. Menurut dia, di sela kesibukan meliput berbagai peristiwa, para wartawan harian ini bisa menyempatkan melaksanakan kegiatan peduli kebersihan lingkungan sekitarnya.

Menurut dia, aksi positif ini harus bisa menyadarkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi, Lembang sebagai daerah wisata harus memberikan rasa nyaman kepada seluruh masyarakat.

"Hari ini kita bersih-bersih sampah, selanjutnya, besok dan lusa jangan lagi ada yang membuang sampah sembarangan. Sampah harus dijadikan berkah, bukan masalah," ujarnya.

Gerakan peduli sampah yang diinisiasi puluhan wartawan televisi lokal dan nasional tersebut berawal dari keprihatinan mereka melihat sampah yang menumpuk dan menggangu pemandangan. Padahal, Lembang merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Sangkuriang Edwan Hadnansyah mengatakan, pihaknya mengajak seluruh masyarakat peduli terhadap kebersihan lingkungan. Sebab, hal itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat.

"Hari ini, kami bersama bupati, kapolres serta Dansektor Citarum Harum mengajak seluruh masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan, ujarnya.

Melalui aksi yang juga sebagai peringatan Hari Pers Nasional 2020 ini, pihaknya berharap, masyarakat mulai sadar dan mau bergerak sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan agar ke depannya tidak menimbulkan masalah. Apalagi, hingga memicu bencana.

"Kami tidak menginginkan sampah menimbulkan bencana besar seperti yang terjadi di TPA Leuwigajah pada tahun 2005 silam. Oleh karena itu, mulai hari ini kita lakukan tindakan nyata yang menginspirasi masyarakat untuk berbuat sesuatu yang baik bagi lingkungannya," ujarnya.

(Pikiran-rakyat.com)

Wartawan Ajak Bupati Bandung Barat Pungut Sampah Aa Umbara Pasar Panorama Langsung Bersih Gerakan pungut sampah


Loading...