Antisipasi Corona Virus di Cimahi, Dinkes Bakal Periksa Pekerja Proyek Kereta Cepat

Antisipasi Corona Virus di Cimahi, Dinkes Bakal Periksa Pekerja Proyek Kereta Cepat
ilustrasi
Editor: S.N.A Teras Cimahi —Senin, 27 Januari 2020 11:45 WIB

Terasjabar.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, bakal melakukan surveilance atau pengamatan kejadian Novel Corona Virus (NCoV) dari Wuhan, Tiongkok.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, mengatakan tempat tujuan pengamatan tim Dinas Kesehatan diantaranya perusahaan yang banyak tenaga kerja asingnya terutama proyek Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) di Jalan HMS. Mintaredja, Baros.

"Pengecekan kesehatan tenaga kerja asingnya akan didampingi Dinas Tenaga Kerja. Surveilance itu tindak lanjut potensi munculnya corona virus di cimahi," ujar Chanifah saat ditemui di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Senin (27/1/2020).

Sejauh ini, tenaga kerja asing yang ada di Cimahi, terutama pekerja di proyek KCIC tidak pernah melaporkan pengecekan kondisi kesehatan mereka ke Dinas Kesehatan.

"Untuk KCIC, mereka tidak pernah melaporkan kondisi kesehatan. Sebelum kasus ini pernah kesana, agak kumuh dan terisolir. Akan koordinasi dengan Puskesmas Cigugur nanti akan didatangi penyuluhan khusus ke PT. KCIC," jelasnya.

Sementara jika ada pasien tenaga kerja asing yang mengeluh sesak nafas dan mengalami demam, agar ditangani namun dengan menerapkan standar operasional prosedur (SOP) penyakit menular.

"Banyak pertanyaan dari Puskesmas kalau ada pasien asing terutama dari Cina gimana. Jadi tetap ditangani, tapi dokter menggunakan masker," tandasnya.

(SDK)

Antisipasi Corona Virus di Cimahi Dinkes Bakal Periksa Pekerja Proyek Kereta Cepat


Loading...