Demi Kurangi Sampah, BWF Setuju Kok Bulu Sintetis Digunakan Tahun Depan

Demi Kurangi Sampah, BWF Setuju Kok Bulu Sintetis Digunakan Tahun Depan
Kok bulu asli akan pelan-pelan ditinggalkan, diganti dengan bulu sintetis, untuk mengurangi sampah. (Foto: Turbosquid)
Editor: Admin Sport Style —Senin, 20 Januari 2020 19:06 WIB

Terasjabar.id - Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) telah menyetujui kok bulu sintetis digunakan untuk turnamen internasional mulai tahun depan sebagai upaya untuk mengurangi sampah.

Induk organisasi olahraga bulutangkis tersebut mengatakan telah berkolaborasi dengan perusahan perlengkapan olahraga asal Jepang Yonex untuk mengembangkan versi sintetis, yang digunakan dalam tiga turnamen internasional yang disetujui BWF tahun lalu.

"Umpan balik mengindikasikan kok bulu sintetis Yonex lebih tahan lama dan ekonomis dibandingkan dengan kok tradisional dengan bulu alami. Sementara dalam waktu yang sama terbukti terbang dan kinerjanya sangat mirip," kata BWF dalam pernyataannya seperti dikutip Reuters, Senin (20/1/2020).

"Bulu sintetis bisa mengurangi penggunaan kok hingga 25%, memberikan keunggulan secara ekonomi dan lingkungan yang signifikan bagi bulutangkis ke depan," lanjut pernyataan itu.


Sekretaris Jenderal BWF Thomas Lund mengatakan, para pebulutangkis elite yang terlibat dalam pengujian dengan cepat menyesuaikan diri dengan varian tersebut.

"Visinya untuk memastikan keberlanjutan jangka panjang bulutangkis dan menjadi semakin berkurang ketergantungan menggunakan bulu asli untuk kok," kata Lund.

BWF mengatakan sedang memperbarui pedoman teknis dan produsen bisa meminta persetujuan untuk kok bulu sintetis versi mereka untuk digunakan dalam pertandingan.



(inews.id)

Demi Kurangi Sampah BWF Setuju Kok Bulu Sintetis Digunakan Tahun Depan Bulutangkis Badminton


Loading...