HEBOH!! Disebut Picu Sumbatan Usus, Beneran Boba atau Batu Empedu Sih?

HEBOH!! Disebut Picu Sumbatan Usus, Beneran Boba atau Batu Empedu Sih?
Minuman mengandung boba tengah ngehits belakangan ini (Foto: iStock)
Editor: S.N.A Teras Health —Senin, 20 Januari 2020 15:01 WIB

Terasjabar.id - Sebuah broadcast tentang boba lagi-lagi viral di media sosial. Disebutkan, terlalu banyak mengonsumsi boba bisa bikin usus tersumbat seperti dalam penggalan video pendek yang menyertai pesan menakutkan ini.

Dalam video tersebut, seorang dokter bedah memamerkan salah satu organ dalam. Mirip usus, tetapi lebih mirip semacam kantong. Organ itu lalu dibedah, dan keluarlah butiran-butiran yang oleh beberapa orang diyakini sebagai boba.

"Hati2 ya temn2 kalau beli minuman ada boba nya, jangan sering2, di jaga kesehatan nya.." tulis seorang netizen.

Dilansir dari Detik.com, Benarkah benda itu adalah usus yang tersumbat boba? Video tersebut bermula dari unggahan akun @justageneralsurgeon, yang memang diberi caption 'bag of boba'. Namun unggahan tersebut juga disertai tanda pagar yang cukup jelas yakni #gallstones alias batu empedu.


Dalam video tersebut, si pemilik akun sebenarnya tengah memamerkan hasil operasi kantung empedu yang dipenuhi kristal-kristal batu empedu. Bagi dokter bedah seperti dirinya, sepertinya itu tampak seperti butiran-butiran boba.

Sebenarnya bukan kali ini saja batu empedu dijadikan hoax untuk menakut-nakuti penggemar boba. Beberapa waktu lalu, ramai pula foto X-ray yang disebut boba di dalam usus, tetapi ternyata diambil dari sebuah jurnal penelitian tentang batu empedu.

Sejumlah pakar memang menyebut, boba yang terbuat dari tapioka, susah dicerna di dalam perut. Tetapi ingat, pencernaan terjadi bukan hanya secara kimiawi di perut tetapi dimulai secara mekanis di mulut.

Memangnya, boba tidak dikunyah dahulu sebelum ditelan sehingga tetap utuh saat menyumbat usus?

Viral Disebut Picu Sumbatan Usus Beneran Boba atau Batu Empedu Sih?


Loading...