Harus Mengingat Kejadian Saat Video Dibuat, VA Takut Hadapi Sidang Jadi Saksi Mahkota

Harus Mengingat Kejadian Saat Video Dibuat, VA Takut Hadapi Sidang Jadi Saksi Mahkota
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Viral —Kamis, 16 Januari 2020 18:44 WIB

Terasjabar.id - Rasa tertekan terus dialami terdakwa VA selama persidangan kasus video asusila Vina Garut di Pengadilan Negeri atau PN Garut.

Kondisi kejiwaan VA, disebut kuasa hukumnya, cukup terguncang.

"Konselor kemarin sudah periksa klien saya. Hasilnya konselor bilang kalau klien kami takut menghadapi sidang mahkota," ucap pengacara VA, Asri Vidya Dewi di PN Garut, Kamis (16/1/2020).

Pasalnya saat sidang dengan agenda pemeriksaan saksi mahkota, ketiga terdakwa akan saling bersaksi.

VA mengaku trauma karena harus mendengarkan keterangan We dan AD. Apalagi harus mengingat kejadian tersebut.

"Psikologis juga kena. Minggu depan agendanya saksi mahkota," katanya.

Asri menyampaikan, majelis hakim mempersilakan jika memang berat untuk didengarkan, VA bisa menunggu di luar ruang sidang. Jika kondisinya kuat, maka VA bisa menunggu di dalam.

"Bisa tunggu di luar kalau berat mendengarkannya. Jika kuat, bisa di dalam. Hakim juga tahu batasan pertanyaan sesuai Perma (peraturan MA) nomor 3 tahun 2017 tentang pedoman mengadili perkara perempuan berhadapan dengan hukum," ujarnya.

Dalam sidang Kamis siang, saksi ahli dari Mabes Polri, disebut Asri hanya menjelaskan terkai barang bukti video yang didapat dari telepon milik almarhum Rayya. Ia menilai, ada celah bagus bagi kliennya setelah mendengar kesaksian ahli.

"Di Undang-undang pornografi kan mengacu ke penyebaran. Video itu juga disimpan di Google Drive (milik Rayya). Jadi ada celah dari situ," katanya.(Tribunjabar.id)



Vina garut Video Mesum Garut Polisi Vina Video Vina Garut Tersangka Saks Mahkota


Loading...