Advertisement

Wabah Herpes Jangkit 70 Warga Bandung Barat

Wabah Herpes Jangkit 70 Warga Bandung Barat
Penyuluhan penyakit menular. (ayobandung.com/Tri)
Editor: Dea Teras KBB —Senin, 13 Januari 2020 08:50 WIB

Terasjabar.id - Penyakit kulit Herpes atau cacar ular mewabah menjangkit 70 warga Kampung Babakan Talang, RT 04 RW 01 Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sejak tiga bulan terakhir.

Penyakit ini diawali dengan bintik merah kemudian terus menyebar ke seluruh bagian tubuh. Pada bintik merah ini penderita merasakan panas, gatal dan nyeri otot.

Eneng Jamilah (31) salah seorang anggota Forum Desa Siaga Aktif mengatakan, hasil pendataan terdapat lebih dari 70 orang warga terdiri dari anak-anak dan dewasa menderita penyakit ini.

Dengan mewabahnya Herpes di satu kampung tersebut, Dinas Kesehatan KBB melakukan pengobatan dengan mengumpulkan warga terjangkit di Posyandu Cendrawasih, Desa Cibedug.

"Selama ini warga tidak tahu bahwa ini Herpes, ketika berobat ke Puskesmas juga hanya dibilang penyakit biasa yang akan sembuh dengan sendirinya,"kata Eneng, Minggu (12/1/2020).

Sejak saat itu Herpes terus menular kepada warga lainnya hingga penderitanya hampir ada di setiap rumah warga.

"Ada sekitar tiga bulan penyakit mulai menjangkit warga, kemudian menular ke warga lainnya,"kata dia.

Menurutnya, selama ini serangan penyakit kulit ini belum pernah terjadi menimpa warga kampung. Penyakit ini juga menyerang penderita yang sudah sembuh.

Dia mengatakan, warga berharap pemerintah daerah turun tangan melihat kondisi warga terjangkit agar mendapat pengobatan yang tepat. Saat ini warga di kampung resah dan khawatir penyakit terus menyebar ke warga lainnya.

"Yang terjangkit itu vareatif ada satu keluarga dua orang terjangkit ada juga satu rumah itu tidak kena, namun setiap hari penderita bertambah,"ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan KBB Hernawan menerangkan, setelah mendapat laporan warga pihaknya menurunkan tim medis dari RSUD Cililin untuk melakukan pengobatan secara berkala. Dinkes juga memasok obat-obatan agar penyembuhan warga terjangkit berjalan lancar.

"Sudah kita tangani semoga penyembuhannya bisa cepat,"katanya.

(ayobandung.com)

Wabah Herpes Jangkit 70 Warga Bandung Barat KBB


Related Post



Loading...