Advertisement

Mengapa Minum Minuman Manis Bikin Tambah Haus?

Mengapa Minum Minuman Manis Bikin Tambah Haus?
Ilustrasi warga minum Boba Drink. Foto: Getty Images
Editor: Dea Teras Health —Sabtu, 11 Januari 2020 15:03 WIB
Terasjabar.id - Saat sedang kehausan, tak jarang kita tergoda untuk menyesap segelas minuman manis yang menyegarkan. Entah itu es teh manis, es sirup, atau jus buah.

Tapi terkadang, sudah minum berapa gelas pun, tetap saja kita masih merasa haus. Setelah minum air putih, baru dahaga terpuaskan.

Kira-kira, kenapa bisa begitu, ya?


Sweet Tob Jhon, Cafe Teh O Beng - kopitiam
Ilustrasi es teh manis. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
Dilansir Livestrong, bisa jadi, rasa haus tersebut adalah tanda kalau kita masih dehidrasi, atau mengalami lonjakan kadar gula darah.

Ketika tubuh kita mengalami dehidrasi, minum satu gelas kecil jus atau minuman manis saja, tak akan cukup untuk mengganti cairan yang hilang. Kita memerlukan lebih banyak asupan minuman untuk mengembalikan kadar hidrasi, dan ‘menyembuhkan’ rasa haus.

Kalau dehidrasi bukan penyebabnya, rasa haus yang tak kunjung hilang itu mungkin disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi —atau disebut juga sebagai hyperglycemia. Bila dihitung, jus buah tanpa pemanis mengandung 15 gram karbohidrat, atau setengah cangkir gula. Setara dengan satu potong roti.


Ilustrasi aneka jus (food)
Ilustrasi aneka jus Foto: dok.shutterstock
Bila dikonsumsi sebanyak dua gelas sekaligus, jumlah gula yang kita minum bertambah jadi 60 gram. Ini bisa membuat kadar gula darah meningkat, apalagi kalau kita menderita diabetes atau resistensi insulin.

Dikutip dari Health, Caroline Apovian, MD, profesor bagian endokrin, diabetes, dan nutrisi dari Boston University School of Medicine juga menyatakan, asupan gula yang disantap akan masuk ke aliran darah kita.

Saat partikel gula masuk ke dalam darah, air akan berpindah dari sel, dan ikut masuk ke dalam darah. Untuk mengembalikan keseimbangan darah kita.

Sel yang kehilangan cairan pun mengirimkan sinyal ke otak, bahwa mereka membutuhkan lebih banyak air. Akibatnya, kita akan merasa kehausan.


Ilustrasi minum air putih
Ilustrasi minum air putih Foto: dok.shutterstock
Supaya rasa haus sirna, disarankan untuk mengonsumsi segelas air putih; meski tengah ngidam minuman manis. Usahakan untuk melepas dahaga dengan air putih terlebih dahulu.

Sebab, minuman manis hanya akan membuat sistem keseimbangan energi bingung, dan memberikan lebih banyak asupan gula ke dalam tubuh. Di sisi lain, kita juga hanya menerima kalori kosong yang tak berguna bagi tubuh.
(kumparan.com)

Mengapa Minum Minuman Manis Bikin Tambah Haus?


Related Post


 


Loading...