Cegah Bencana Banjir, 109 Ribu Pohon Ditanam di Majalengka

Cegah Bencana Banjir, 109 Ribu Pohon Ditanam di Majalengka
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Jumat, 10 Januari 2020 13:24 WIB

Terasjabar.id - Polres Majalengka melakukan penanaman pohon di Desa Karamat, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka, Jumat (10/1/2020).

Setidaknya, ada 109 ribu pohon yang ditanam di berbagai titik di Kabupaten Majalengka dari berbagai jenis.

Wakapolres Majalengka, Kompol Hidayatullah mengatakan, aksi menanam pohon ini merupakan instruksi langsung dari Kapolri, Jenderal Idham Azis.

Menurutnya, selain jajaran Polres, seluruh Polsek yang tersebar di Kabupaten Majalengka melakukan hal serupa.

"Sesuai arahan Kapolri, dalam hal ini Polri Peduli Penghijauan, alhamdulilah hari ini sesuai perintah serentak seluruh Indonesia, jajaran Kepolisian Republik Indonesia melaksanakan penanaman sejuta pohon di masing-masing wilayah," ujar Kompol Hidayatullah, Jumat (10/1/2020).

Disebutkan dia, di lokasi kosong seluas 439.532 m² yang tersebar di 26 Kecamatan dan 25 Polsek di Kabupaten Majalengka itu, pada hari ini akan ditanami pohon sebanyak 109 ribu bibit.

Di sekitar area lahan kosong Desa Karamat, tepatnya di depan Polsek Palasah sendiri, jelas Wakapolres, sebanyak 1.000 pohon yang ditanam di lahan seluas 4 hektar.

Ada beberapa jenis pohon, yaitu Mahoni, Jati, Kayu Putih, dan berbagai macam pohon buah-buahan, seperti mangga gincu, durian dan kelengkeng.

"Mudah-mudahan pohon ini dapat bermanfaat untuk warga kita," ucapnya.

Selain perintah dari Kapolri, Wakapolres menambahkan, tujuan digelarnya kegiatan tersebut, yakni untuk meminimalisasi terjadinya bencana.

Baik, tanah longsor, banjir atau pun yang lainnya.

"Kita ketahui, Kabupaten Majalengka merupakan salah satu daerah yang dikategorikan daerah rawan longsor dan banjir. Untuk itu, melalui Bapak Kapolres Majalengka menginstruksikan kepada jajarannya untuk menanam pohon," kata Wakapolres.(Tribunjabar.id)



Banjir Majalengka Pohon


Loading...