Pemkab Bandung Bangun Hutan Edukasi di Kawasan Si Jalak Harupat

Pemkab Bandung Bangun Hutan Edukasi di Kawasan Si Jalak Harupat
Bupati Bandung Dadang M Naser menanam pohon di SOR Si Jalak Harupat, Rabu (8/1/2020) (Foto: Pemkab Bandung)
Editor: Admin Teras Bandung —Rabu, 8 Januari 2020 19:32 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung segera merintis hutan tematik nusantara. Nantinya, tanaman yang ada dari seluruh Indonesia akan ditanam di kawasan Sarana Olahraga (SOR) Si Jalak Harupat.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan tanaman unggulan akan ditanam di kawasan tersebut. Bahkan, tanaman dari negara lain juga akan ikut ditanam.

“Nantinya di sini akan ditanam tanaman-tanaman unggulan dari seluruh provinsi di Indonesia, bahkan juga tanaman yang biasa kita lihat di negara lain,” kata Dadang, Rabu (8/1/2020) seperti dikutip dari situs resmi Pemkab Bandung.

Hutan tematik tersebut nantinya dibangun dengan konsep arboretum. Arboretum merupakan tempat berbagai pohon ditanam dan dikembangbiakkan untuk tujuan penelitian dan pendidikan.

“Konsepnya adalah taman edukasi arboretum, sedangkan rencana lanskapnya berbentuk daun. Selain matoa, akan ditanam juga gaharu, mesoyi, dan jenis-jenis tanaman langka lainnya. Saya harapkan, ke depan bisa jadi taman yang besar seperti di Singapura. Jadi bisa melengkapi wisata olahraga yang sudah ada,” ucap Dadang.

Dari luas kurang lebih 70 hektar, sekitar 28 hektar atau 40% kawasan SOR Si Jalak Harupat akan diisi bangunan. Sementara 60% sisa lahannya harus hijau dan untuk akses jalan.

“Hari ini selain di SOR Si Jalak Harupat, bersama Perumda Tirta Raharja, kita juga tanam sebanyak 320 pohon buah-buahan di lahan kritis di daerah pertebingan Sadu Soreang. Kita terus gelorakan bulan menanam, terutama dalam musim hujan seperti sekarang,” kata Dadang.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Asep Kusumah mengatakan akan bersurat ke tiap-tiap provinsi. Dia ingin kawasan SOR Si Jalak Harupat akan manjadi miniatur nusantara.

“Kami juga akan bersurat ke tiap provinsi, untuk dapat menyumbangkan tanaman-tanaman khasnya. Sehingga hutan ini nantinya bisa menjadi miniatur nusantara,” ucap Asep.

(inews.id)

Pemkab Bandung Hutan Edukasi di Kawasan Si Jalak Harupat


Loading...