Advertisement

Cirebon Diserang Ulat, 5 Makanan Enak Ini Justru Terbuat dari Ulat

Cirebon Diserang Ulat, 5 Makanan Enak Ini Justru Terbuat dari Ulat
Foto: istimewa
Editor: S.N.A Kuliner —Kamis, 2 Januari 2020 14:12 WIB

Terasjabar.id - Belum lama ini masyarakat Cirebon resah dengan serangan ribuan ulat. Di samping itu, masyarakat di beberapa daerah justru mengolah ulat jadi santapan enak.

Dilansir dari Detik.com, Teror ribuan ulat yang muncul secara tiba-tiba membuat masyarakat cirebon bergidik. Tampilan ulat yang menjijikan ini membuat orang geli dan menghindari. Tapi untuk jenis ulat tertentu ternyata justru bisa diolah jadi makanan enak.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut aneka makanan yang terbuat dari bahan dasar ulat.

1. Ulat sagu

Cirebon Diserang Ulat, 5 Makanan Enak Ini Justru Terbuat dari UlatFoto: istimewa


Ulat sagu jadi makanan yang cukup populer di Indonesia bagian timur. Ulat dengan bentuk tubuh gemuk ini biasa hidup di batang pohon sagu yang sudah mati.

Ulat sagu yang merupakan larva dari kumbang sagu ini punya rasa yang gurih dan lezat. Masyarakat Maluku hingga Papua kerap menyantap ulat ini dalam keadaan hidup. Tapi ada juga yang memasaknya dengan cara ditumis atau dibakar.

2. Ulat bulu

Cirebon Diserang Ulat, 5 Makanan Enak Ini Justru Terbuat dari UlatFoto: istimewa


Membayangkan ulat bulu saja sudah bikin bergidik, apalagi membayangkan menyantap ulat bulu. Tapi di Purworejo, Jawa Tengah dan Bali, ada beberapa masyarakat yang gemar mengolah ulat bulu jadi santapan enak.

Ulat bulu dan kepompongnya biasa dijadikan sate atau digoreng. Tentu saja ulat bulu yang satu ini berasal dari jenis yang aman dikonsumsi dan tidak beracun. Berani coba?

3. Ulat jati
Tak hanya ulat bulu saja, di Jawa Tengah dan Jawa Timur ada juga yang mengolah jenis ulat jati. Ulat jenis ini banyak hidup di pohon jati jadi masyarakat sekitar hutan jati sudah terbiasa mengolah dan menyantapnya sebagai camilan atau lauk makan.

Ulat jati atau entung bermunculan saat peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Tak hanya dijadikan konsumsi biasa, ulat jati juga kerap dijual di pasar. Biasanya ulat jati dimasak dengan cara dioseng dengan bawang dan cabai.

4. Ulat sutera

Cirebon Diserang Ulat, 5 Makanan Enak Ini Justru Terbuat dari UlatFoto: istimewa


Tak hanya di Indonesia, ulat juga kerap jadi sajian makanan di berbagai negara seperti Korea salah satunya. Ulat sutera dan kepompongnya biasa dimasak menjadi hidangan yang dikenal dengan sebutan beondegi.

Ulat sutera akan dimasak dengan cara direbus bersama aneka bumbu. Biasanya olahan ulat ini dijual sebagai jajanan pinggir jalan. Saking populernya, olahan ulat ini juga banyak dijual dalam kemasan kaleng.

5. Ulat larva kumbang

Cirebon Diserang Ulat, 5 Makanan Enak Ini Justru Terbuat dari UlatFoto: istimewa


Di Indonesia, jenis ulat ini biasa jadi makanan burung tapi di Korea dijadikan makanan manusia. Ulat yang dikenal dengan sebutan mealworm ini biasa disajikan sebagai pelengkap berbagai makanan mulai dari bubur, pizza, pasta dan lainnya.

Hasil penelitian mengungkapkan kalau ulat jenis ini mengandung banyak protein. Tak heran ada pakar diet yang menyarankan menyantap ulat ini sebagai asupan makanan khusus diet.

Cirebon Diserang Ulat 5 Makanan Enak Ini Justru Terbuat dari Ulat


Related Post


 


Loading...