Manfaat dan Efek Samping Niacinamide untuk Kulit

Manfaat dan Efek Samping Niacinamide untuk Kulit
(tashanicholewright: google)
Editor: Admin Teras Health —Sabtu, 27 Januari 2024 13:42 WIB

Terasjabar.Id - Apa Itu Niacinamide?
Nikotinamida atau disebut juga niacinamide adalah bentuk vitamin B yang banyak ditemukan dalam makanan seperti susu, ikan, telur, sayuran hijau, serelal, ataupun daging.

Tubuh akan membuat niacinamide, saat kita punya terlalu banyak niacin di tubuh. Tubuh juga bisa mengubah asam amino (triptofan) menjadi niacinamide.
Niacinamide bisa tersedia dalam bentuk pembersih, pelembab, nutrisi multitasking yang membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Manfaat Niacinamide
Secara garis besar, manfaat niacinamide yaitu bisa untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit halus serta cerah. Ketahui manfaat lainnya berikut.

1. Mencerahkan Kulit dan Membantu Mengobati Flek Hitam
Dokter kulit setuju bahwa niacinamide bermanfaat untuk membuat kulit tampak cerah. Hasil dari beberapa penelitian menemukan bahwa, menggunakan niacinamide dalam formula perawatan kulit sebesar 5% juga membantu meringankan flek hitam.

Dalam studi tahun 2016 yang dilakukan oleh Patricia Farris MD, dkk., dari Tulane University Medical Center, New Orleans, LA, menunjukan bahwa kombinasi pencerah kulit, termasuk retinol dan niacinamide, mampu mengurangi bintik hitam dan garis halus. Mereka juga meningkatkan kecerahan dan tekstur kulit.

2. Mungkin Membantu Melindungi dari Kanker Kulit
Suplemen nikotinamida oral mungkin mampu membantu mencegah berkembangnya kanker kulit baru maupun bintik pra kanker di beberapa orang.
Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat tersebut. Di sisi lain, secara umum penggunaan dalam produk perawatan kulit dan mengoleskannya masih dianggap aman.

3. Membantu Mengecilkan Tampilan Pori-pori
niacinamide membantu untuk meminimalkan kemunculan pori-pori. Selain itu, ia juga bisa mengatur jumlah minyak yang diproduksi kelenjar. Sehingga, membantu mencegah timbulnya jerawat maupun pori-pori tersumbat.

4. Menghidrasi Kulit
Niacinamide bisa berfungsi sebagai penghalang lipid kulit (lapisan air dan minyak yang melindungi kulit), sehingga bermanfaat dalam membantu mengunci kelembapan.

Ia juga mampu mencegah masuknya polutan maupun potensi iritasi, yang membuat kulit bisa lebih terhidrasi dan kurang sensitif.

5. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan
Karena termasuk jenis vitamin B, sifat antioksidan dalam vitamin ini bisa membantu untuk melindungi kulit dan membantu pemulihannya dari kerusakan. Misalnya akibat faktor penuaan, sinar matahari, dan stres.

Penelitian tahun 2004 oleh D L Bissett , dkk., dari The Procter & Gamble Company, Cincinnati, USA, yang dimuat dalam National Library of Medicine, menunjukkan bahwa niacinamide topikal bisa memperbaiki garis-garis halus, kerutan, dan kulit pucat.

6. Membantu Mengobati Jerawat
Mengoleskan krim dengan kandungan niacinamide, tampaknya bisa memperbaiki penampilan kulit terutama mereka yang menderita jerawat.

7. Meredakan Kemerahan pada Wajah
Niacinamide membantu untuk meredakan peradangan. Sehingga mampu meredakan kemerahan akibat kondisi seperti eksim, jerawat, dan rosacea.
Ia juga mampu meredakan kemerahan akibat exfoliant kuat (retinol atau asam glikolat).

Apakah Niacinamide Boleh Dipakai Setiap Hari?
Niacinamide boleh digunakan sekali atau 2 kali sehari. Lakukan pemakaian setelah pembersihan lembut, selama rutinitas perawatan kulit rutin. Untuk memaksimalkan manfaatnya, kamu bisa aplikasikan niacinamide setelah mengoleskan pelembab.

Efek Samping Niacinamide
Umumnya, jika digunakan dengan tepat, kemungkinan besar niacinamide aman bagi kulit. Namun, bagi ia yang tidak cocok mungkin juga memiliki efek samping.

Dilansir dari laman kesehatan WebMD, berikut adalah tanda tidak cocok menggunakan krim niacinamide, yakni bisa menyebabkan:

- Kulit kemerahan
- Gatal
- Reaksi alergi
- Sensasi terbakar ringan

Jika dikonsumsi sesuai petunjuk, produk resep yang mengandung niacinamide aman. Suplemen atau makanan yang mengandung niacinamide aman jika dikonsumsi dalam dosis lebih rendah dari 35 mg setiap hari.

Adapun efek samping niacinamide dari konsumsi produk tersebut mungkin akan menyebabkan:

- Sakit perut
- Perut bergas
- Sakit kepala (pusing)
- Ruam

Sumber: wolipop.detik.com

Manfaat Efek Samping Niacinamide Kulit Wajah


Loading...