kelompok orang yang tidak boleh minum air rebusan daun salam secara sembarangan

kelompok orang yang tidak boleh minum air rebusan daun salam secara sembarangan
sajiansedap.grid.id
Editor: Admin Teras Health —Rabu, 24 Januari 2024 11:17 WIB

Terasjabar - Sedikitnya ada empat kelompok orang ini tidak diperbolehkan minum daun salam karena berdampak pada kesehatannya.

Memang diketahui daun salam memiliki khasiat untuk tubuh. Tapi adanya dilarang karena kondisi penyakit diderita.

Berikut empat kelompok orang yang tidak boleh minum air rebusan daun salam.

Daun salam yang biasanya digunakan untuk menyedapkan masakan juga berguna untuk menunjang kesehatan tubuh, seperti mengontrol gula darah, melawan peradangan, dan menurunkan risiko kanker. 

Meski demikian, ternyata ada sejumlah kelompok orang yang disarankan untuk menghindari minum air rebusan daun salam.

Inilah kelompok orang yang tidak boleh minum air rebusan daun salam secara sembarangan lewat artikel berikut. 

Disarikan dari berbagai sumber, berikut orang yang disarankan untuk tidak mengonsumsi air rebusan daun salam.

Orang yang sedang mengonsumsi obat penenang

Dilansir dari Cleveland Clinic, obat penenang termasuk golongan obat resep yang dapat memperlambat aktivitas orang dengan kondisi medis tertentu. 

Umumnya, obat ini digunakan untuk mengatasi pasien dengan kecemasan, insomnia, atau digunakan untuk anestesia atau bius.

Dikutip dari WebMD, efek samping minum air rebusan daun salam dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan kantuk dan pernapasan jadi melambat.

Beberapa obat, seperti obat penenang, juga efek yang sama.

Jadi, mengonsumsi daun salam dalam jumlah banyak dengan obat penenang dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan potensial memicu rasa kantuk berlebihan.

Penderita diabetes yang sedang mengonsumsi obat

Dilansir dari Stylecraze, daun salam bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2.

Meskipun demikian, saat air rebusan daun salam dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes, kemungkinan efeknya akan menyebabkan gula darah turun terlalu rendah atau drop.

Oleh karena itu, apabila ingin mengonsumsi keduanya, penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. 

Pasien yang akan dioperasi

Sebelum operasi, sebaiknya hindari mengonsumsi air rebusan daun salam secara rutin. Hal ini dilakukan karena daun salam dapat membuat sistem saraf pusat melambat secara signifikan.

Oleh karena itu, konsultasikan dulu ke dokter atau hentikan penggunaan daun salam setidaknya dua minggu sebelum jadwal operasi dilakukan.

Seseorang yang sedang mengonsumsi pereda nyeri

Dilansir dari RX List, beberapa jenis obat pereda nyeri akan dipecah oleh tubuh saat dikonsumsi.  Sementara itu, air rebusan daun salam mempunyai efek memperlambat kerja tubuh.

Efek ini dapat mengurangi efektifitas atau meningkatkan efek samping dari konsumsi obat pereda nyeri atau penghilang rasa sakit.

Setelah menyimak penjelasan orang tidak boleh minum air rebusan daun salam, Anda yang termasuk kelompok di atas sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter dan lebih waspada jika ingin mengonsumsi minuman berkhasiat ini. 

Artikel ini telah tayang di TribunCirebon.com dengan judul 4 Orang yang Tak Boleh Minum Air Rebusan Daun Salam, Efeknya Bisa Fatal Untuk Kesehatan, 

daun salam rebusan daun salam herbal


Loading...