Tewas Usai Adu Tembak dengan TNI Polri, KKB Papu di Intan Jawa Pilih Selamatkan Senjata Dari Pada Teman, Begini Kronologinya!

Tewas Usai Adu Tembak dengan TNI Polri, KKB Papu di Intan Jawa Pilih Selamatkan Senjata Dari Pada Teman, Begini Kronologinya!
hot.grid.id
Editor: Admin Hot News —Rabu, 24 Januari 2024 09:47 WIB

Terasjabar - KKB Papua baru saja melakukan serangan secara brutal ke Satgas Damai Cartenz yang sedang berjaga.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, satu orang anggota Brimob gugur akibat serangan keji dari KKB Papua.

Kejadian tersebut terjadi di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Jumat (19/1/2024).

"Anggota Bripda Alfandi Steve Karamoy terkena tembakan di bagian rahang kiri tembus rahang kanan dan mengakibatkan korban gugur," ujar Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno, melalui keterangan tertulis, Jumat.

Para anggota KKB tersebut melakukan serangan dari belakang tower BTS Telkomsel.

Tim Satgas Damai Cartenz pun langsung melakukan pengejaran terkait kasus penembakan ini.

DIkutip Gridhot dari Tribun Papua, penindakan hukum dilakukan oleh aparat Gabungan TNI Polri terhadap gerombolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bertempat di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Minggu (21/1/2024) Pukul 12.45 WIT.

Demikian disampaikan Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan dalam keterangannya.

Penindakan hukum ini, mengakibatkan seorang anggota KKB wilayah Intan Jaya atas nama Yusak Sondegau tewas terkena tembakan dan saat ini jenazahnya berada di Puskesmas Sugapa, Intan Jaya.

Kejadian ini bermula saat dilakukan penegakan hukum oleh Gabungan TNI-Polri, melihat Tujuh orang gerombolan KKB dengan membawa Dua pucuk senjata laras panjang berada di Kampung Baitapa menuju Kumbalagupa Sugapa.

Kemudian Aparat TNI Polri melakukan tindakan tegas dengan menembak anggota KKB yang bersenjata, sehingga terjadi kontak tembak.

 

“Satu orang KKB yang bersenjata tertembak dan meninggal dunia, namun senjatanya diambil dan dibawa kabur oleh anggota KKB lainnya,” kata Candra dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/1/2024).

Tak berselang lama, kembali terjadi gangguan tembakan anggota KKB kepada Aparat TNI-Polri disertai aksi pembakaran oleh KKB terhadap Satu unit rumah Bantuan Dinas Sosial Kabupaten Intan Jaya.

"Saat ini aparat TNI-Polri melaksanakan siaga dan sekaligus melindungi masyarakat dari serangan dan tembakan KKB," ungkap Letkol Inf Candra.

Kini pihak kepolisian sudah melakukan upacara pelepasan untuk Bripu Anumerta Alfandi Steve Karamoy.

Jenazah Alfandi juga sudah diterbangkan ke rumah duka.

(*)

grid.id

tewas adu tembak kkb


Loading...