Masker Telur Mentah Apakah Aman Untuk Digunakan ? Berikut Penjelasannya

Masker Telur Mentah Apakah  Aman Untuk Digunakan ? Berikut Penjelasannya
Ilustrasi (Klikdokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 23 Januari 2024 14:23 WIB

Terasjabar.id -- TREN menggunakan masker telur mentah atau putih telur tampaknya sampai saat ini masih terus dilakukan oleh banyak masyarakat untuk mempercantik penampilannya. Cara ini disebut dapat menghilangkan berbagai keluhan sehingga dipercaya masyarakat secara turun-temurun.

Namun, apakah tindakan seperti itu aman dilakukan?

Menurut Dokter sekaligus Healthy Educator, dr Nadia Alaydrus pada trend seperti ini sebaiknya tidak dilakukan. Karena justru dapat menimbulkan permasalahan kulit lainnya terutama pada seseorang yang mengalami alergi telur.

“Ada nih trend yang dari dulu gak kelar-kelar yaitu maskeran pakai telur mentah. Udahlah gini, mendingan yang kayak gini-gini tuh jangan di ikutin,” kata dr Nadia, dikutip dalam akun TikToknya @nadialaydrus, Selasa (23/1/2024).

Masker Telur

Alasan yang pertama yaitu karena menggunakan telur mentah maka dapat menyebabkan risiko alergi terutama untuk orang-orang dengan alergi telur. Kemudian yang kedua, pada telur mentah memiliki bakteri salmonella yang dapat mengiritasi kulit sehingga dapat menimbulkan jerawat.

Oleh karena itu, dr Nadia menyarankan kepada seluruh masyarakat apabila ingin menjalani suatu perawatan kulit atau menggunakan masker, lebih baik menggunakan produk yang sudah pasti aman dan memiliki uji klinis.

“Karena ternyata gak cuman telor aja nih, ada juga yang pakai masker kopi, bawang putih, dan lain-lain. Udahlah pokoknya yang aman-aman aja, yang udah teruji klinis dan juga udah BPOM,” ucap dr Nadia.

Untuk itu, dr Nadia juga mengatakan jika seseorang ingin mendapatkan manfaat telur, ada baiknya agar dikonsumsi secara langsung alias dimasak terlebih dahulu supaya mencegah terkontaminasi salmonella pada telur.

Disadur dari Okezone.com 

Telur Putih Telur Maskeran


Loading...