Waktu Tidur yang Ideal Menurut Pakar, Ternyata Bukan Jam 9 Malam

Waktu Tidur yang Ideal Menurut Pakar, Ternyata Bukan Jam 9 Malam
Foto : Poskota : Google
Editor: Admin Teras Health —Selasa, 23 Januari 2024 10:59 WIB

Terasjabar.Id- Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidur pada pukul 22.00 merupakan waktu yang optimal. Penelitian yang dilakukan di Inggris ini menggunakan data dari 88 ribu orang dewasa untuk menentukan bahwa jam 10 malam menjadi waktu ideal untuk tidur.

Sementara dilansir dari Women’s Health Magazine, menurut data The Sleep Council tahun 2017, waktu paling populer untuk memulai menutup mata antara pukul 22.00 dan 23.00. Lebih dari sepertiga orang tidak bisa tidur pada waktu tersebut.

Meski demikian, ada banyak orang yang tidur larut malam di luar sana. Hampir sepertiga orang begadang pukul 23.00 hingga 02:00 dan 18% tidak tidur sampai lewat tengah malam.

Alasan tidur pukul 22.00 menjadi waktu yang ideal

Ketika tiba pada jam 10 sampai 11 malam, The Sleep Council menganjurkan untuk tidur. Ini adalah waktu yang ideal karena saat itulah suhu tubuh dan tingkat kortisol, hormon stres, mulai turun. 

Saat hari semakin gelap, otak Bunda juga akan mulai memproduksi melatonin, hormon yang diperlukan untuk mengantuk. Hal ini didukung oleh studi tahun 2018 dari merek kesehatan Forza Supplements

Menurut data mereka, pukul 22.10 merupakan waktu optimal untuk mematikan lampu. Mereka menemukan bahwa ini adalah waktu tidur yang ideal untuk memiliki rutinitas tidur 'terbaik’.

Pada gilirannya, waktu tidur tepat waktu dan konsisten pada pukul 22.00 akan melahirkan kebiasaan makan yang lebih sehat.  82% dari mereka yang memiliki waktu tidur teratur juga memiliki pola makan konsisten.

Sumber : HaiBunda

Tidur Ideal Menurut Pakar Malam


Loading...