Berikut Diet Berdasarkan Golongan Darah yang Disarankan Oleh Pakar, A, B, O dan AB Cocok Untuk Makan ini

Berikut Diet Berdasarkan Golongan Darah yang Disarankan Oleh Pakar, A, B, O dan AB Cocok Untuk Makan ini
Lagizi
Editor: Malda Teras Health —Selasa, 23 Januari 2024 09:01 WIB

Terasjabar.id - Gaya hidup termasuk olahraga hingga pola makan banyak dikaitkan dengan tipe atau jenis golongan darah seseorang. Sebuah riset sebelumnya pernah menganalisis kaitan makanan tertentu dengan golongan darah A, B, atau AB yang mungkin berdampak pada diet seseorang. Salah satunya berkaitan dengan penurunan bobot tubuh.
Dokter naturopati Peter J D'Adamo adalah pencetus diet berdasarkan golongan darah. Dirinya mengklaim, makanan yang dikonsumsi bakal bereaksi secara kimia dengan golongan darah seseorang.

Jika mengikuti diet yang dirancang untuk golongan darah, tubuh disebut akan mencerna makanan lebih efisien. Hal ini diyakini bermanfaat untuk menurunkan berat badan, memiliki lebih banyak energi, dan membantu mencegah penyakit.


Berikut diet berdasarkan golongan darah yang disarankan pakar, dikutip dari Web MD:

Golongan darah O:

Diet tinggi protein yang banyak mengonsumsi daging tanpa lemak, unggas, ikan, dan sayuran, serta sedikit mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk susu. D'Adamo juga merekomendasikan berbagai suplemen untuk membantu mengatasi masalah perut dan masalah lain yang menurutnya cenderung dialami oleh orang-orang dengan tipe O.

Golongan darah A:

Pola makan tanpa daging berdasarkan buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan dan polong-polongan, serta biji-bijian, idealnya organik dan segar, karena D'Adamo mengatakan orang dengan golongan darah A memiliki sistem kekebalan yang sensitif.

Golongan darah B:

Menghindari jagung, gandum, soba, lentil, tomat, kacang tanah, dan biji wijen.

"Ayam juga bermasalah," kata D'Adamo. Dia menganjurkan makan sayuran hijau, telur, daging tertentu, dan produk susu rendah lemak.

Golongan darah AB:

Makanan yang harus diperhatikan antara lain tahu, makanan laut, produk susu, dan sayuran hijau. Ia mengatakan orang dengan golongan darah AB cenderung memiliki asam lambung yang rendah. Hindari kafein, alkohol, dan daging asap atau daging yang diawetkan.

Selain diet, dirinya juga menyarankan golongan darah A untuk menjalani olahraga seperti yoga hingga tai chi, sementara golongan darah O lebih cocok untuk melakukan latihan aerobik, jogging, hingga bersepeda satu jam sehari.
Apakah Ini Baik untuk Kondisi Tertentu?

Sebagai catatan, diet golongan darah tidak disarankan untuk mereka yang memiliki penyakit kronis misalnya seperti diabetes. Dalam kondisi tersebut, pasien tentu memerlukan protein yang tinggi, tetapi adapula yang disarankan untuk menghindari produk susu atau ayam.


American Diabetes Association merekomendasikan pendekatan yang lebih praktis untuk pola makan sehari-hari. Ini juga memperingatkan agar tidak berfokus pada makanan tertentu. Dalam kebanyakan kasus, tidak disarankan untuk menghentikan kelompok makanan utama apa pun.

Baca artikel detikHealth, "Diet Berdasarkan Golongan Darah, Pemilik Goldar O Sebaiknya Batasi Makanan Apa?" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7155267/diet-berdasarkan-golongan-darah-pemilik-goldar-o-sebaiknya-batasi-makanan-apa.


Diet Golongan Darah A B O AB Makanan Untuk Golongan Darah


Loading...