Berikut Beberapa Manfaat Mengonsumsi Ikan Bagi Anak

Berikut Beberapa Manfaat Mengonsumsi Ikan Bagi Anak
Ilustrasi (Halodoc : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 22 Januari 2024 14:12 WIB

Terasjabar.id -- Beberapa waktu yang lalu salah satu capres dari nomor urut 01, yakni Anies Baswedan menyebut lebih memilih menggunakan ikan sebagai solusi jitu dalam mengatasi stunting pada anak.  Anies Baswedan mengaku akan lebih memilih menggunakan ikan yang dapat diperoleh dari nelayan lokal untuk pemenuhan gizi anak guna program mengatasi stunting.

Ikan memang dikenal sebagai salah satu sumber pangan yang cukup mudah didapatkan dan cenderung murah untuk dibeli di Indonesia. Selain itu, sumber protein hewani tersebut juga memiliki banyak manfaat apabila dikonsumsi oleh masyarakat, khususnya anak-anak. Berikut 3 manfaat mengonsumsi ikan bagi anak-anak.

1. Meningkatkan Pertumbuhan dan Kesehatan Otak

Ikan memang dikenal memiliki banyak kandungan gizi yang sangat disarankan untuk dikonsumsi pada anak-anak, khususnya balita hingga remaja. Melansir dari artikel berjudul “Healthy Fish Choices for Kids”, ikan memiliki kandungan senyawa asam lemak omega-3 dan DHA yang mampu meningkatkan sistem pertumbuhan saraf pada otak anak-anak.

Senyawa ini juga memiliki manfaat yang cukup penting apabila dikonsumsi oleh orang dewasa. Asam lemak omega-3 yang cukup rendah kalori juga baik untuk menjaga kesehatan otak dan meminimalisir terjadinya penyakit kelainan saraf dan mampu mencegah kepikunan pada orang berusia lanjut.

2. Kaya Vitamin D yang Baik Untuk Tulang

Beberapa jenis ikan seperti ikan mackerel, tuna dan beberapa jenis ikan laut lainnya juga kaya akan vitamin D dan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan dan memaksimalkan pertumbuhan tulang pada anak. Melansir dari artikel yang terbit dalam situs klikdokter.com, senyawa vitamin D, kalsium dan fosfor yang terdapat pada jenis ikan-ikan di laut dipercaya mampu memaksimalkan pertumbuhan tulang dan otot pada anak-anak. Selain itu, kandungan protein dan fosfor tersebut juga baik untuk menjaga sistem metabolisme dan meningkatkan sirkulasi darah pada sistem peredaran darah.

3. Menjaga Sistem Imunitas

Beberapa jenis ikan juga kaya akan kandungan minera seperti fosfor, magnesium, kalium dan zinc yang baik untuk menjaga sistem kesehatan dan imunitas tubuh. Melansir dari laman halodoc.com, anak-anak yang rutin mengonsumsi ikan dipercaya lebih kebal dari paparan radikal bebas dan mampu meningkatkan sistem imun yang dimilikinya secara alami. Beberapa jenis ikan seperti tuna juga disarankan untuk dikonsumsi oleh para balita karena kaya kandungan antioksidan.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi daging ikan bagi anak-anak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Disadur dari Yoursay.id 

Kesehatan Ikan Manfaat


Loading...