Lawan Vietnam, Pemain Timnas Indonesia Harus Jaga Emosi & Jangan Terprovokasi

Lawan Vietnam, Pemain Timnas Indonesia Harus Jaga Emosi & Jangan Terprovokasi
pikiran rakyat
Editor: Admin Sport Style —Jumat, 19 Januari 2024 14:21 WIB
TerasJabar.id-Timnas Indonesia akan melawan Vietnam dalam laga kedua Grup D Piala Asia di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, pada pukul 21:30 WIB, Jumat (19/1) pukul 21:30 WIB. Eks striker 'Garuda', Indriyanto Nugroho, berharap pasukan Shin Tae-yong bisa menjaga emosi.


Salah satu ciri khas Timnas Vietnam adalah para pemainnya kerap coba memancing emosi pemain Timnas Indonesia ketika kedua tim bertemu. Indriyanto berharap kali ini Marselino Ferdinan dan kolega bisa memperkuat mental dan tidak terpancing provokasi penggawa Golden Stars.


Mental, dan kalau menurut saya, lawan Vietnam jangan terpancing emosi, karena apa? Pemain Vietnam pasti akan memancing emosi pemain kita, karena selama ini Indonesia lawan Vietnam selalu adu otot, dalam artian mereka melakukan hal tidak terpuji, hal yang seharusnya tidak dilakukan," kata Indriyanto saat ditemui di Jakarta, Kamis (18/1).
"Dan semoga pemain-pemain kita bisa lebih adem untuk menghadapi pemain Vietnam yang seperti itu, karena kalau kita terpancing, sudah selesai. Karena kan kita lihat di SEA Games, Asian Games, setiap lawan Vietnam, kita selalu terpancing emosi," tambah Indriyanto.




Indriyanto Nugroho lalu mengenang momen Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Vietnam pada SEA Games 1995, sehingga gagal lolos dari grup. Kala itu, gol tunggal Nguyen Huu Dang menjadi pembeda, tetapi ada provokasi pemain Vietnam yang membikin konsentrasi pemain Indonesia buyar di balik kekalahan tersebut.

"Bahkan saya pun pernah ngalamin di 1995, SEA Games waktu itu, kami harusnya cuma seri lawan Vietnam, kami dipancing emosi dan akhirnya kalah 1-0 dan akhirnya enggak lolos," kenang Indriyanto.


"Nah, ini kesempatan adik-adik, jangan sampai terpancing emosi yang dilakukan pemain-pemain Vietnam, karena mereka pintar pasti, karena sudah tahu pemain Indonesia dipancing, selesai, padahal permainan bagus, tapi kepancing emosi dan akhirnya mereka permainan jadi drop dan hilang konsentrasi dan akhirnya buyar," tandasnya.
Disadur dari:kumparan

Indonesia Vietnam AFC


Loading...