Pesawat Boeing 737 Max Milik Lion Diizinkan Terbang Lagi

Pesawat Boeing 737 Max Milik Lion Diizinkan Terbang Lagi
https://www.msn.com/
Editor: Admin Hot News —Kamis, 18 Januari 2024 15:05 WIB

Terasjabar - Pemerintah telah mengizinkan lagi pesawat Boeing 737 Max 9 milik maskapai Lion Air kembali beroperasi. Hal itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati kepada wartawan di kompleks DPR, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

"Sudah selesai, sudah diperbolehkan terbang lagi karena jenisnya kan berbeda," katanya.

"Sistem pintunya beda dengan yang Alaska. Kita sudah inspeksi, komunikasi dengan Lion dan Boeing. Sudah terbang lagi," ungkap Adita.

Menurutnya, larangan terbang sementara itu hanya dilakukan beberapa hari saja.

"Sudah rilis 3-4 hari lalu. Temporary grounded cuma beberapa hari. Kita inspeksi lapangan, koordinasi ke Boeing dan kita lihat nggak ada masalah," kata Adita.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub melarang tiga pesawat Lion Air untuk beroperasi. Hal ini terkait adanya skandal terbaru dari Boeing 737 Max 9 seperti yang digunakan Lion Air. Imbas kecelakaan Boeing 737 Max 9 Alaska Airlines yang melakukan pendaratan darurat karena penutup pintu di badan pesawat jebol.

Dithub Kemenhub telah berkoordinasi dengan pihak Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat Regional Asia Pacific, Boeing serta Lion Air sebagai maskapai nasional yang menggunakan jenis pesawat Boeing 737-9 MAX.

"Berdasarkan review dan evaluasi oleh Ditjen Perhubungan Udara dan koordinasi dengan Lion Air diputuskan untuk memberhentikan pengoperasian sementara (temporary grounded) pesawat Boeing 737-9 Max sejak tanggal 6 Januari 2024 sampai perkembangan lebih lanjut," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni dalam Holding Statement, Senin (8/1/2024).

(Sumber: CNBC Indonesia

Pesawat Lion Air Boeing 737


Loading...