Menhub Ungkap Dugaan Pelanggaran SOP Penyebab Tabrakan 2 KA di Cicalengka

Menhub Ungkap Dugaan Pelanggaran SOP Penyebab Tabrakan 2 KA di Cicalengka
https://setkab.go.id/
Editor: Admin Hot News —Kamis, 18 Januari 2024 13:47 WIB

Terasjabar - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah temuan atas proses identifikasi di balik peristiwa kecelakaan Kereta Api (KA) Turangga dengan KA lokal Bandung Raya di Cicalengka, Kabupaten Bandung. Budi mengatakan salah satu kemungkinan dari identifikasi itu adalah pelanggaran SOP atau faktor manusia (human error).

"Apa yang kami lakukan adalah kami selaku Kementerian Perhubungan bersama KNKT sudah melakukan satu observasi berkaitan dengan kecelakaan yang ada di Bandung dan Tanggulangin, Jawa Timur.

Dari apa yang kita amati, sementara ini memang KNKT belum memberikan suatu result," kata Budi Karya dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2024).

"Bahwa ada satu kemungkinan, bahwa ada kesalahan teknis, pelanggaran SOP, berarti faktor manusia, dan hal-hal lainnya yang sedang kita proses identifikasi," imbuh Budi.

Budi menyampaikan sejumlah usulan langkah tindak lanjut atas peristiwa tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menyampaikan usulan jangka pendek, yakni bakal mereformasi sumber daya manusia (SDM) dan memperbaiki SOP.

"Kami akan mereformasi SDM dan juga berkaitan dengan SOP yang ada di KA. Itu sedang kita laksanakan. Kami sudah lakukan di Kemenhub, sudah dilakukan perombakan organisasi dan kami sedang membuat SOP-SOP baru," ujarnya.

Selain itu, lanjut Budi, pihaknya akan mendorong pembangunan dua jalur atau double track. Kemenhub, katanya, juga akan memperbaiki menyangkut sinyal yang sejauh ini masih berjalan manual.

"Tahap kedua kita memang akan mengupayakan semua jalur itu dua jalur, baik di Bandung dan Tanggulangin. Dan berkaitan dengan sinyal, masih ada sinyal itu manual. Oleh karenanya, di tahun anggaran ini kita akan selesaikan semua berkaitan dengan sinyal, khususnya di Jawa," kata dia.

(Sumber: detiknews.com)

Kecelakaan KAI Tabrakan


Loading...