Gunung Lewotobi Meletus Lagi!!!! , Tinggi Kolom Abu 1,5 Km

Gunung Lewotobi Meletus Lagi!!!! , Tinggi Kolom Abu 1,5 Km
https://infopublik.id/
Editor: Admin Hot News —Kamis, 18 Januari 2024 09:36 WIB

Terasjabar - Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki di Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), melaporkan gunung setinggi 1.584 meter dari permukaan laut (mdpl) itu kembali meletus pada Kamis (18/1/2024) pagi.

Erupsi terjadi pukul 08.23 Wita dengan tinggi kolom abu teramati lebih 1.500 atau 1,5 kilometer meter di atas puncak kawah. Petugas PGA Lewotobi Laki-laki, Bobyson Lamanepa melaporkan, kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal.

Berdasarkan hasil pemantauan, kolom abu condong ke arah utara dan timur laut. Bobyson menerangkan, erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 47 milimeter dan durasi sementara ini lebih kurang 1 menit 45 detik. "Letusan disertai suara gemuruh," kata Bobyson di Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kamis.

Dia mengimbau masyarakat tetap berada di dalam rumah, dan apabila berada di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut, dan mata. Pada periode Kamis pukul 00.00 Wita-06.00 Wita, PGA Lewotobi Laki-laki mencatat terjadi 3 kali letusan dengan tinggi 500 meter dan warna asap putih dan kelabu. Kemudian, empat kali awan panas guguran, 11 kali guguran, 94 kali low frequency, serta tremor menerus terekam dengan amplitudo 7.4-14.8 mm, dominan 7.4 mm.

Hingga saat ini aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki masih berada di status level IV awas. Warga sekitar maupun wisatawan diminta tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 5 kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dan sektoral 6 kilometer ke arah utara dan timur laut.


(Sumber: Kompas.com)

Gunung Lewotobi Erupsi Gunung


Loading...