Karim Benzema Gugat Mendagri Prancis, Buntut dari Mendukung Palestina?

Karim Benzema Gugat Mendagri Prancis, Buntut dari Mendukung Palestina?
https://www.sportbible.com/
Editor: Admin Hot News —Kamis, 18 Januari 2024 08:47 WIB

Terasjabar - Bintang sepakbola, Karim Benzema, resmi menggugat Menteri Dalam Negeri Prancis, Gerald Darmanin, pada Selasa (16/01), setelah pejabat itu menuduhnya terkait dengan organisasi Ikhwanul Muslimin.


Tudingan Darmanin ini menyusul cuitan Benzema pada Oktober 2023, yang menyuarakan dukungan moral kepada warga Palestina di Gaza yang menjadi korban serangan darat dan udara militer Israel.

Darmanin lantas menuding Benzema tidak berempati kepada para korban serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 orang sebagian besar adalah warga sipil. Hamas juga menyandera sekitar 240 orang Israel.

Darmanin menuduh Benzema punya keterkaitan dengan Ikhwanul Muslimin, sebuah organisasi Islam yang dilarang di Arab Saudi, Mesir, dan banyak negara Timur Tengah lainnya.

Benzema, melalui tim legalnya lantas mengancam akan menyeret Darmanin ke pengadilan dan secara resmi melakukannya pada pekan ini.

"Karim Benzema tidak pernah punya hubungan apa pun dengan organisasi ini [Ikhwanul Muslimin]", ujar pengacara Benzema, Hugues Vigier.

"Berdoa untuk warga sipil yang hidup di bawah serangan bom bukanlah propaganda Hamas, bukan juga mendukung terorisme ataupun berkolaborasi dengan mereka."

Vigier juga menyanggah cuitan Benzema bermakna pengabaian atas serangan Hamas pada 7 Oktober.

Bagaimana duduk perkara gugatan Benzema kepada Darmanin?

Apa unggahan Benzema di media sosial dan apa tuduhan Darmanin kepadanya?


Dalam unggahannya di media sosial X (dulunya Twitter) Oktober silam, Benzema memanjatkan doa kepada orang-orang di Gaza, yang menurutnya "kembali menjadi korban pengeboman yang tidak adil, yang tidak pandang bulu terhadap perempuan dan anak-anak".

Benzema adalah seorang Muslim dan kini berkiprah sebagai kapten tim Al-Ittihad di Liga Saudi.

Menurut pengacara Benzema, Hugues Vigier, cuitan pesepakbola itu "wajar" karena dia berempati kepada orang-orang yang tengah dibombardir serangan.

Kendati demikian, Darmanin berpendapat lain.

Getty ImagesMenteri Dalam Negeri Prancis, Gerald Darmanin, menuduh Karim Benzema terkait dengan organisasi Ikhwanul Muslimin.

Kepada kanal TV sayap kanan CNews, Darmanin menyoroti Benzema yang tidak menyuarakan simpati serupa kepada orang-orang Israel yang menjadi korban Hamas pada 7 Oktober.

Lebih lanjut, bekas ujung tombak andalan timnas Prancis itu disebut "terkenal punya hubungan dengan Ikhwanul Muslimin".

"Kita berhadapan dengan hydra bernama Ikhwanul Muslimin, sebab mereka menciptakan atmosfer ekstremisme Islam," tutur Darmanin.

Dia menggunakan analogi mitologi Yunani hydra naga air berkepala banyak yang akan terus menumbuhkan kepala meski sudah dipenggal.

(Sumber: detik.com)

Karim Benzema Prancis Mentri Prancis


Loading...