Berikut Beberapa Jenis Buah yang Tahan Lama Tanpa Harus Ditaruh di Kulkas

Berikut Beberapa Jenis Buah yang Tahan Lama Tanpa Harus Ditaruh di Kulkas
Ilustrasi (Klikdokter : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 17 Januari 2024 12:49 WIB

Terasjabar.id -- Sejatinya ada jenis buah yang bisa tahan lama tanpa harus diletakkan di dalam kulkas. Kemudian, kita pun tidak boleh asal menyimpan buah ke dalam kulkas karena dapat berkurang vitamin dan zat gizinya. 

Selain itu, adapula bakteri yang sulit dikurangi pertumbuhannya kendati ada di tempat dingin seperti kulkas dan hal ini tentu bisa mencemari makanan yang lainnya. 

Seperti dirangkum dari Hellosehat, berikut ini adalah beberapa jenis buah yang tahan lama tanpa harus ditaruh dalam kulkas. 

1. Pisang

Sebagaimana menurut seorang ahli fisiologi pasca panen, Dr. Jeffrey Brecht, pisang merupakan jenis buah tropis yang sebaiknya diletakan di luar ruangan.

Hal ini lantaran buah yang tumbuh di negara tropis sangat sensitif dengan suhu dingin. Apabila buah pisang ditaruh selama beberapa jam dalam suhu di bawah 14 derajat celcius bisa membuat warnanya berubah. 

Terjadinya perubahan ini karena lambatnya aliran udara pada buah pisang yang belum dikupas dan cepat membusuk. Tidak hanya pisang dengan suhu dingin, kandungan vitamin C-nya pun juga bisa hilang. 

2. Alpukat

Buah alpukat yang masih mentah sebaiknya jangan ditaruh di kulkas, karena hal ini bisa memperlambat proses pematangannya. 

Akan tetapi, kita bisa memasukkan buah alpukat matang ke dalam kulkas dan juga jenis buah-buahan yang masih mentah. 

3. Melon

Buah melon yang mempunyai rasa manis dan segar ini juga tidak boleh disimpan dalam kulkas. Jika buah ini ditaruh dalam kulkas dapat menghilangkan senyawa antioksidan yang ada pada buah melon itu.

Kemudian buah ini juga tahan lama apabila diletakan di luar. Kita bisa menyimpan buah melon ke dalam kulkas jika telah dikupas dan dipotong lebih dahulu. Hal ini agar kandungan vitamin dan zat lain yang ada pada melon tidak hilang saat saat dikonsumsi.

4. Buah Persik

Adanya kandungan air dan serat pada buah persik ini sangat digemari oleh banyak orang karena dapat menurunkan berat badan. 

Bagusnya lagi, buah persik ini adalah buah yang tahan lama tanpa perlu diletakkan dalam kulkas terutama yang masih mentah atau sedang proses pematangan.

Jika kita menyimpan buah persik ini di dalam kulkas dapat memengaruhi rasa persik yang dihasilkan.

Hal ini lantaran buah persik yang  tidak matang dan dikonsumsi dalam keadaan dingin akan kehilangan rasanya yang khas yaknu rasa kering seperti tepung cokelat.

Oleh karena itu, jika ingin menaruh buah persik di dalam kulkas harus dalam kondisi yang sudah matang. 

Nah, itulah tadi beberapa jenis buah yang tahan lama tanpa harus ditaruh ke dalam kulkas. Yang mana favoritmu? Semoga bermanfaat. 



Disadur dari Yoursay.id 

Buah Kulkas Kesehatan


Loading...