Terkait Beredarnya Isu Terkena Ransomware, KAI Pastikan Data Pelanggan Aman

Terkait Beredarnya Isu Terkena Ransomware, KAI Pastikan Data Pelanggan Aman
Tangkapan layar isu dugaan peretasan PT. KAI (foto: @TodayCyberNews)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 17 Januari 2024 11:55 WIB

Terasjabar.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) buka suara terkait beredarnya isu bahwa sistem IT mereka terkena ransomware. Perusahaan menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada bukti serangan seperti yang dinarasikan.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan investigasi secara mendalam untuk menelusuri isu tersebut. Ia pun memastikan bahwa seluruh data pelanggan aman dan operasional masih berjalan normal.

"Kami juga pastikan bahwa seluruh data KAI aman, dan hingga saat ini seluruh sistem operasional IT, pembelian tiket online KAI, serta layanan Face Recognition Boarding Gate di semua stasiun masih berjalan dengan baik," ujarnya, Selasa (16/1/2024).

Lebih lanjut Joni menambahkan, selama ini KAI sudah mengimplementasikan Sistem Manajemen Keamanan Informasi berstandar internasional ISO 27001 tentang Standardisasi Manajemen Keamanan Informasi.

Joni juga menyebut langkah berikutnya yang akan diambil KAI adalah bekerja sama dengan pihak berwajib untuk mengusut kasus ransomware ini dan berkomitmen tidak akan tunduk akan kejahatan pemerasan.

"KAI secara berkala terus meningkatkan keamanan siber demi kenyamanan para pelanggan untuk tetap menggunakan jasa transportasi massal kereta api yang nyaman, aman dan tepat waktu," tutup Joni.

Sebelumnya, beredar kabar sistem IT KAI telah terkena ransomware yang menyebabkan data sensitif karyawan dan pelanggan terancam untuk disebarkan. Isu ini pertama kali diungkap oleh akun media sosial X, @TodayCyberNews.

Disebutkan para hacker meminta uang tebusan agar data yang berhasil dicuri tetap aman, namun negosiasi tersebut belum juga direspon dan para penjahat mengancam akan membocorkan data jika dalam 15 hari KAI tidak memberi tanggapan.

Disadur dari Okezone.com 

PT KAI Ransomware Penumpang Sitem Operasional IT


Loading...