Berikut Beberapa Fakta Menarik dari Laga Pembuka di Babak Grup Piala Asia 2023

Berikut Beberapa Fakta Menarik dari Laga Pembuka di Babak Grup Piala Asia 2023
(Detik.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Rabu, 17 Januari 2024 09:23 WIB

Terasjabar.id -- Laga pembuka di babak grup Piala Asia 2023 akhirnya berakhir. Meskipun laga ini belum memberikan kejutan, tetapi menyajikan duel sengit bagi kontestan yang tampil di ajang tersebut.

Selain itu, tim - tim terkuat di Piala Asia 2023 juga tampil menawan menghadapi tim - tim kuda hitam di ajang tersebut. Sebut saja ada timnas Jepang, Australia, Korea Selatan, Iran, dan sebagainya masing - masing berhasil meraup kemenangan di laga pembuka.

Namun selain pertandingannya yang seru untuk ditonton, ternyata ada fakta menarik dari laga pembuka babak grup Piala Asia 2023. Berikut ini fakta - fakta menarik yang tersaji di laga pembuka babak grup Piala Asia 2023.

1. Hanya Ada 3 Timnas yang Ternyata Meraih Kemenangan dengan Clean Sheet

Dari 12 yang telah tersaji di laga pembuka Piala Asia 2023, hanya ada 3 negara yang berhasil memetik kemenangan dengan clean sheet. Tim yang dimaksud yaitu timnas Qatar, Yordania, dan Thailand.

Pada laga pembuka grup A, timnas Qatar berhasil menang telak atas timnas Lebanon dengan skor 3-0. Akram Afif di laga itu berhasil mencetak brace. Sedangkan satu gol lainnya dicetak oleh Almoez Ali.

Selain itu, ada timnas Yordania yang berhasil membantai timnas Malaysia dengan skor 4-0. Mahmoud Al-Mardi dan Mousa Al-Tamari masing - masing mencetak brace. 

Adapun juga timnas Thailand yang berhasil mengalahkan Kirgistan dengan skor 2-0. Pada laga itu Supachai Jaided mencetak brace.

2. Karim Ansarifard Mencetak Gol Tercepat  Kontra Palestina di Piala Asia 2023

Timnas Iran di laga pembuka grup C Piala Asia 2023 akhirnya berhasil membantai timnas Palestina dengan skor 4-1. Di balik kemenangan itu, ternyata ada pemain tercepat dalam mencetak gol di Piala Asia 2023. Pemain yang dimaksud yaitu Karim Ansarifad yang berhasil mencetak gol pada waktu 1 menit 4 detik.

Gol ini tercipta dari skema umpan crossing yang mengarah ke Ghoddos. Kemudian bola itu dioper dengan umpan pendek yang mengarah ke Ansarifad. Selanjutnya bola itu ditendang dari sudut kiri yang lumayan sempit dan arah bolanya mengecoh Rami Hamadeh.

Meskipun mencetak gol cepat, tetapi rekor gol tercepat sepanjang gelaran Piala Asia masih dipegang oleh Ali Mabkhout yang mencetak gol pada waktu 14 detik.

3. Marselino Ferdinan Menjadi Pemain Termuda Mencetak Gol di Piala Asia 2023

Ada pemain timnas Indonesia yang berhasil memecahkan rekor di laga pembuka Piala Asia 2023. Pemain timnas Indonesia yang dimaksud yaitu Marselino Ferdinan yang usianya masih 19 tahun ternyata mencetak gol ke gawang timnas Irak.

Marselino berhasil mencetak gol pada menit ke-36 usai dirinya menerima umpan pendek terobosan dari Yakob Sayuri yang berlari di sayap kanan. Bola itu kemudian di tap-in oleh Marselino yang berdiri bebas dibalik kelengahan dari lini pertahanan timnas Irak.

Dengan rekor ini, ternyata bisa mengalahkan Ponaryo Astaman yang sebelumnya ternyata mencatatkan diri sebagai pemain termuda yang mencetak gol di usia 24 tahun.

4. Thailand Menjadi Satu-Satunya Negara di Kawasan Asia Tenggara yang Meraih Kemenangan

Timnas Thailand yang merupakan negara dari wakil Asia Tenggara menjadi satu-satunya tim yang berhasil memetik kemenangan di laga perdana grup F Piala Asia 2023. 

Sedangkan 3 negara tetangganya justru kompak meraih kekalahan di laga pembuka Piala Asia 2023. Tim dari Asia Tenggara yang gagal meraih kemenangan yaitu timnas Indonesia, Vietnam, dan Malaysia.

Pada laga pembuka fase grup F Piala Asia 2023, timnas Thailand berhasil menang telak dengan skor 2-0 atas timnas Kirgistan. Timnas Thailand yang bermain menekan sejak menit awal babak pertama ternyata berhasil merepotkan lini pertahanan timnas Kirgistan.

Dari berbagai serangan yang digencarkan oleh timnas Thailand akhirnya berbuah gol pada menit ke-26 melalui gol dari Supachai Chaided. Gol ini tercipta karena Supachai Chaided berhasil memanfaatkan kelengahan Tokotayev dalam menepis bola rebound.  

Dengan lahirnya gol ini, membuat timnas Kirgistan berusaha mengejar ketinggalan skor. Namun, skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua baru mulai, akhirnya pada menit ke-48 Supachai Chaided kembali mencetak gol keduanya. Chaided kembali menyambar bola rebound yang berasal dari hasil sundulan Supachok Sarachat yang membentur bek Kirgistan.

Dengan ketinggalan skor 2-0, membuat timnas Kirgistan tampil menekan ke lini pertahanan Thailand. Namun hingga babak kedua usai, lini pertahanan timnas Thailand tampil begitu solid sehingga sulit ditembus oleh timnas Kirgistan.

Itulah fakta-fakta menarik dari laga pembuka babak grup Piala Asia 2023, patut dinantikan kembali laga selanjutnya yang akan tersaji di ajang tersebut.

Disadur dari Yoursay.id 

Piala Asia 2023. Fakta Menarik Timnas ndonesia


Loading...