5 Fungsi Tersembunyi dari Tombol Windows di Komputer dan Laptop Salah Satunya Bisa Mengetik Tanpa Menyentuh Keyboard !

5 Fungsi Tersembunyi dari Tombol Windows di Komputer dan Laptop Salah Satunya Bisa Mengetik Tanpa Menyentuh Keyboard !
Radar Mukomuko - Disway
Editor: Malda Teras Techno —Selasa, 16 Januari 2024 13:19 WIB

Terasjabar.id - Windows merupakan salah satu sistem operasi yang mayoritas paling banyak digunakan oleh pengguna komputer. Hal ini tentu saja tidak mengherankan, mengingat Windows menyediakan beragam fitur serta kebutuhan yang sangat menarik untuk calon penggunanya.

Sedangkan tombol windows merupakan main menu pada sistem operasi komputer kalian. Di dalamnya berisi kolom pencarian untuk menemukan aplikasi, file, atau sistem. Kemudian tersedia tombol power, berisi sleep, shutdown, dan restart.

Nah, dikutip dari Instagram @bagus.yusron beberapa waktu yang lalu, tombol windows ternyata memiliki banyak kegunaan, lho! Penasaran apa saja kegunaan dari tombol windows? Simak tulisan beriku!

1. Windows + H

Jika kalian pencet tombol windows + H, kalian bisa ngetik menggunakan perintah suara. Jadi, kalau kalian lagi males atau sedang capek buat ngetik di komputer/laptop, kalian bisa memanfaatkan fitur tersebut. Kalian bisa memanfaatkan shortcut itu buat kebutuhan kalian.


2. Windows + Alt + R

Jika kalian pencet Windows + Alt + R, maka kalian bisa bisa merekam layar tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Jadi, kalian tidak perlu repot-repot untuk mengunduh aplikasi tambahan terlebih dahulu sebelum merekam layar, karena sebenarnya sudah disediakan fitur alternatif untuk memudahkan kalian merekam layar.

3. Windows + .

Kalau kalian ingin menggunakan emoji saat sedang ngetik di leptop, kalian bisa memencet tombol windows + . (tanda titik). Setelah kalian memencet tombol tersebut, maka akan muncul emoji di layar leptop kalian. Mudah, bukan?

4. Windows + E


Jika kalian ingin membuka file Explorer, caranya gampang, kalian tinggal pencet saja tombol Windows + E.  Maka akan langsung muncul. File Explorer sendiri merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari beberapa versi sistem operasi Microsoft Windows yang menyediakan antarmuka grafis kepada pengguna untuk mengakses sistem berkas (baik itu sistem berkas cakram ataupun sistem berkas jaringan).

5. Windows + M

Kalau yang satu ini untuk minimize semua tab yang sedang kalian buka, maka kalian hanya perlu memencet tombol Windows + M. Hal tersebut bisa kalian gunakan untuk meminimasi semua aplikasi windows yang sedang dibuka atau dengan kata lain kembali ke desktop.

Nah, itu tadi beberapa kegunaan tombol windows! Jujur aja, siapa yang baru tahu?

(Sumber: Suara.com) 

5 Fungsi Tersembunyi dari Tombol Windows di Komputer dan Laptop Salah Satunya Bisa Mengetik Tanpa Menyentuh Keyboard


Loading...