PT LIB Pastikan Liga 1 Pakai VAR Serentak pada Februari 2024, 'Sudah di uji coba di setiap lapangan"

PT LIB Pastikan Liga 1 Pakai VAR Serentak pada Februari 2024, 'Sudah di uji coba di setiap lapangan
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Selasa, 9 Januari 2024 14:26 WIB

Terasjabar.id - Humas PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Sabina Katya mengatakan, Video Assistant Referee (VAR) bakal diterapkan untuk Liga 1 pada Februari 2024. Penerapan pun akan secara serentak.

Sabina mengatakan, berbagai persiapan VAR memang sedang dilakukan. Tentunya agar sistem itu dapat diterapkan dengan sebaik mungkin nantinya.

Video Assistant Referee

"Serentak semua pertandingan akan gunakan VAR. Sebelum implementasi Februari memang kita akan trial dan sudah di uji coba di setiap lapangan," kata Sabina di Jakarta, dikutip pada Selasa (9/1/2024).

Dia mengatakan belum bisa memastikan akan menggunakan wasit asing apa lokal untuk penerapan VAR nantinya. Sebab, pihaknya masih harus melihat kesiapan wasit lokal lebih dahulu.

"Untuk wasit asing, Kami melihat perkembangan. Kalau, misalkan VAR berjalan dengan baik sepertinya tidak memakai wasit asing. Namun, dilihat lagi nanti perkembangannya," kata Sabina.

Lebih lanjut, Sabina mengatakan sejauh ini wasit-wasit lokal sudah mendapatkan sertifikasi FIFA. Tentunya itu menjadi modal awal yang cukup baik sejauh ini.

"Alhamdulillah," ujarnya.

Bhayangkara FC vs PSIS Semarang di Liga 1 2023-2024 (Foto: Instagram/@psisofficial)

Sebatas informasi, PT LIB bekerja sama dengan Hawk-Eye Innovations yang menjadi vendor rekanan FIFA untuk menyediakan VAR Liga 1 dengan anggaran Rp 100 miliar. Kerja sama itu akan berlangsung delama empat tahun.

Disadur dari Okezone.com 

PT LIB Liga 1 VAR


Loading...