Berikut Beberapa Makanan yang Wajib Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Berikut Beberapa Makanan yang Wajib Dikonsumsi Penderita Asam Lambung
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 9 Januari 2024 11:17 WIB

Terasjabar.id -- Memiliki penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung memang sangat menyusahkan.

GERD sendiri merupakan penyakit yang timbul ketika cairan asam sisa makanan kembali bergerak naik menuju kerongkongan. Kondisi ini bisa menyebabkan sensasi nyeri pada ulu hati, hingga sesak napas.

Kalau sudah begini, para penderita harus lebih waspada dalam menerima asupan makanan sehari-hari. Sebab, asupan makanan sangat memengaruhi jumlah asam yang akan diproduksi oleh lambung. 

Mau tahu apa saja makanan yang harus dikonsumsi penderita asam lambung? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Oatmeal

Ilustrasi Oatmeal (Pixabay/iha31)
Ilustrasi Oatmeal dengan buah (Pixabay/iha31)

Oatmeal umumnya terdiri dari gandum utuh yang kaya akan serat baik untuk tubuh. Gandum sudah lama dikenal mampu menyerap asam lambung yang bisa membantu menurunkan risiko terjadinya refluks. 

Anda bisa mengombinasikan semangkuk oatmeal dengan buah atau bahan-bahan lain yang tinggi serat.

2. Dada ayam tanpa kulit

Ilustrasi ayam beku (Freepik/azerbaijan_stockers)
Ilustrasi ayam mentah (Freepik/azerbaijan_stockers)

Para penderita asam lambung perlu banyak mengonsumsi daging tanpa lemak agar mendapatkan protein hewani yang baik. 

Lemak dikenal dapat meningkatkan risiko refluks yang bisa membahayakan lambung. Daging tanpa lemak sendiri dapat ditemukan pada dada ayam tanpa kulit, ikan, atau makanan laut lainnya.


3. Sayuran

Ilustrasi sayuran (unsplash.com/randyfath)
Ilustrasi sayuran (unsplash.com/randyfath)

Menukil dari laman Healthline, sayuran menjadi jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk penderita asam lambung karena rendah lemak dan gula. 

Para penderita perlu menghindari lemak dan gula karena justru dapat meningkatkan risiko terjadinya refluks asam pada lambung. Ada banyak sayuran yang dapat dikonsumsi, seperti brokoli, kentang, mentimun, kembang kol, atau sayuran berdaun hijau lainnya.

4. Semangka

Ilustrasi semangka (Pixabay/Vivacia)
Ilustrasi semangka (Pixabay/Vivacia)

Selain lemak dan gula, penderita asam lambung perlu menghindari makanan bersifat asam. Mengutip dari WebMD, buah semangka menjadi salah satu buah terbaik bagi asam lambung. 


Hal ini karena semangka diketahui memiliki kadar asam lebih sedikit dibanding jeruk. Selain itu, ada juga blewah dan melon yang bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Jahe

ilustrasi jahe (Pexels.com/Pixabay)
ilustrasi jahe (Pexels.com/Pixabay)

Jahe telah lama dikenal mampu menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk mengatasi masalah pencernaan seperti asam lambung.

Jahe bermanfaat untuk membantu makanan melewati saluran pencernaan di luar lambung. Anda dapat mengolah jahe menjadi air jahe hangat yang bisa dipadukan dengan madu atau lemon sesuai selera.

Itu tadi 5 jenis makanan yang wajib dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. Semoga bermanfaat!

Disadur dari Yoursay.id 

Gerd Makanan Kesehatan


Loading...