Berikut Tips Memilih Telur Ayam yang Berkualitas

Berikut Tips Memilih Telur Ayam yang Berkualitas
Ilustrasi (GoodStats : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Senin, 8 Januari 2024 14:54 WIB

Terasjabar.id -- TELUR ayam adalah salah satu sumber protein yang paling banyak dikonsumsi masyarakat. Baca cara untuk mengolah telur ayam, mulai dari kue hingga minuman.


Tapi hati-hati ya, ada juga telur yang tidak berkualitas yang malah menyebabkan kita sakit. Oleh karena itu, memilih telur adalah salah satu cara untuk menghindari kita mendapatkan telur kualitas buruk.

Ada banyak tips dalam memilih telur ayam yang berkualitas, namun salah satu yang terbaik adalah dengan memeriksa kedalaman warna cangkangnya. Telur yang berkualitas memiliki cangkang yang tebal dan warna yang cerah, sedangkan telur yang mengkilat biasanya menandakan sudah disimpan lama.


Melansir keterangan tertulis Titipuku, kita pun disarankan berhati-hati terhadap bintik-bintik pada cangkang telur. Bintik-bintik tersebut dapat mengindikasikan adanya bakteri yang menempel pada telur.

Tips selanjutnya adalah memeriksa apakah ada retakan pada cangkangnya. Telur utuh yang tidak pecah biasanya lebih segar dan aman.


Retakan sekecil apa pun pada telur dapat menyebabkan bakteri dan udara masuk ke dalam telur, merusaknya, dan membuatnya lebih rentan terhadap pembusukan. Oleh karena itu, tidak disarankan membeli telur yang cangkangnya retak.

Kita pun harus berhati saat membeli telur dalam wadah kayu, karena mungkin berisi telur yang cangkangnya retak. Sebaliknya, beberapa produsen telur, seperti telur Omega dan telur khusus yang harganya lebih mahal dari telur ayam biasa, mungkin akan menandai tanggal kadaluwarsanya di baki telur.

Untuk memastikan telur masih segar dan aman dikonsumsi, masyarakat pun diminta untuk memperhatikan tanggal yang ditentukan dan memilih produk yang sesuai dengan batas waktu tersebut.

Tips lainnya adalah memperhatikan ukuran telur. Jika ukuran telur terlalu kecil, biasanya menandakan telur tersebut berasal dari ayam muda. Telur dari ayam muda biasanya memiliki cangkang yang lebih keras, tebal, dan kuning telur cenderung lebih kecil.
Cara terakhir untuk memilih telur berkualitas baik adalah dengan merendamnya dalam air. Ambil gelas atau wadah tinggi, isi dengan air dan masukkan telur ke dalamnya. Selanjutnya perhatikan telurnya.

Jika telur tenggelam ke dasar wadah saat Anda berbaring, berarti telur dalam kondisi baik. Namun jika telurnya mengapung, itu tandanya kualitasnya buruk dan tidak layak dikonsumsi.


Disadur dari Okezone.com 

Telur Ayam Manfaat Protein Tips Memilih


Loading...