Manfaat Meminum Air Rebusan Sereh, Bisa Mengurangi Kolestol Juga Lho!

Manfaat Meminum Air Rebusan Sereh, Bisa Mengurangi Kolestol Juga Lho!
(culy.nl: google)
Editor: Admin Teras Health —Sabtu, 6 Januari 2024 10:41 WIB

Teras Jabar.Id-Manfaat meminum air rebusan serai bukan mitos. Serai bisa membantu melawan radikal bebas, sampai mengurangi risiko peradangan pada tubuh lantaran mengandung asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin.
Ketiga kandungan tersebut dikenal sebagai pelawan peradangan. Kondisi peradangan di tubuh bisa menjadi faktor pemicu banyak masalah kesehatan serius, termasuk penyakit jantung. Karenanya, tak ada salahnya untuk mulai rutin mengonsumsi air rebusan serai atau teh serai.

Berikut 7 manfaat tak terduga meminum air rebusan serai setiap hari, dikutip dari Medical News Today:

1. Mengusir 'anxiety' atau rasa cemas

Banyak orang menganggap secangkir teh panas cukup membuat pikiran lebih tenang, tetapi faktanya air rebusan serai menawarkan khasiat lebih efektif untuk mengurangi kecemasan.

Berdasarkan riset di Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering, ada keterkaitan antara mencium aroma serai dengan kondisi kecemasan seseorang. Meski begitu, masih butuh banyak bukti untuk bisa memastikan khasiatnya.

2. Menurunkan kolesterol

Menurut artikel di Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, mengonsumsi ekstrak serai tampaknya dapat menurunkan kolesterol, berdasarkan uji pada hewan.

Studi ini mencatat bahwa reaksinya bergantung pada dosis. Artinya, serai dalam jumlah lebih banyak dapat menurunkan kolesterol lebih lanjut.

3. Mencegah infeksi

Hasil penelitian menunjukkan serai mungkin memiliki beberapa kemampuan mencegah infeksi.

Misalnya, ramuan ini tampaknya mengurangi timbulnya sariawan, infeksi jamur yang umumnya menyerang orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti pengidap HIV.

4. Meningkatkan kesehatan mulut

Di banyak negara yang memiliki tanaman asli serai, orang-orang akan mengambil batang serai dan mengunyahnya sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan gigi dan menjaga mulut tetap bersih.

Jurnal Food Chemistry menerbitkan penelitian yang mengkonfirmasi temuan ini. Para penulis mengamati 12 tumbuhan dan menemukan bahwa ekstrak herbal serai adalah salah satu penghambat pertumbuhan bakteri paling ampuh dalam sampel laboratorium. Mereka menggunakan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang, termasuk Streptococcus sanguinis.

5. Menghilangkan rasa sakit

Menurut sebuah penelitian, serai mungkin dapat menghilangkan rasa sakit. Meminum air rebusan serai berpotensi membantu mencegah seseorang merasakan sakit.

sumber: detik.com

Kesehatan Sereh


Loading...