Coba Makanan Ini Untuk Mencegah Rasa ngantuk Dan Lemas Setelah Makan Siang

Coba Makanan Ini Untuk Mencegah Rasa ngantuk Dan Lemas Setelah Makan Siang
pexels.com
Editor: Admin Teras Health —Rabu, 3 Januari 2024 15:56 WIB

Terasjabar - Banyak orang merasa lemas dan ngantuk setelah makan siang sehingga aktivitas atau pekerjaan terganggung salah satu tantangan terbesar saat bekerja di media online adalah menjaga konsentrasi dan energi setelah makan siang.

Banyak orang merasa lemas dan ngantuk setelah makan siang.

Kondisi ini dapat mengganggu produktivitas dan kreativitas.

Namun, ada beberapa makanan yang bisa membantu Anda tetap segar dan bertenaga sepanjang hari.

Tips:

  • Cobalah untuk mengonsumsi porsi kecil dan makanan yang minim proses pengolahan atau whole foods (makanan utuh).


Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang tidak menguras energi Anda.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi agar tidak lelah setelah makan siang seperti dilansir Healthline (1/2/2023).


1. Buah-Buahan dan Sayuran Segar

Makin segar makanan Anda, makin besar nutrisi yang bisa Anda dapatkan darinya. Berbeda dengan makanan olahan yang kehilangan sebagian nutrisinya, makanan segar biasanya lebih bergizi.
Sajikan buah atau sayuran segar sebagai salad atau masakan sederhana.
Setelah menyantapnya untuk makan siang, Anda tidak akan mudah mengantuk.


2. Minuman tanpa Kafein dan Pemanis

Meskipun bikin melek segera setelah diminum, minuman berkafein sebenarnya tidak memberikan energi bagi tubuh. Tegukan pertama mungkin membuat Anda lebih bersemangat, tapi Anda akan segera merasa lemas lagi jika tidak dibarengi asupan nutrisi.

Kafein dalam bentuk kopi atau teh boleh dikonsumsi secukupnya.

Pilihlah kopi hitam atau teh tanpa gula untuk mencegah tubuh mengonsumsi terlalu banyak energi buat mengolah glukosa.


3. Pisang

Pisang adalah buah bergizi tinggi yang cocok untuk dijadikan camilan saat makan siang. Pisang mengandung karbohidrat, kalium, vitamin B6, dan serat yang bisa memberikan suntikan energi dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa pisang bisa memberikan energi yang sama dengan minuman berenergi bagi para pesepeda.


4. Air Mineral

Minum air sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh yang optimal. Meskipun air tidak memberikan kalori sebagai sumber energi, minuman ini membantu kelancaran proses-proses di dalam tubuh, termasuk proses produksi energi.

Minumlah air secara teratur sepanjang hari. Coba ganti soda, kopi, dan minuman manis lain yang biasa Anda konsumsi dengan segelas air. Perubahan sederhana ini bisa membuat perbedaan besar, dan Anda akan merasa lebih baik dalam sekejap.


5. Oatmeal

Oat bukan hanya cocok untuk sarapan.

Semangkuk oatmeal berisi serat dan protein yang mengenyangkan. Selain itu, oatmeal juga baik untuk mencegah lonjakan glukosa setelah makan karbohidrat non-kompleks seperti nasi dan mi.

Anda tak harus menyantap oatmeal tawar untuk makan siang. Bumbui dengan kuah gurih, susu, sedikit madu, atau irisan buah agar rasanya lebih nikmat.


6. Biji Chia

Chia seeds atau biji chia bisa menjadi sumber energi yang baik untuk olahraga berat berkat kandungan karbohidrat, lemak sehat, dan seratnya. Menurut satu penelitian berskala kecil yang melibatkan enam atlet, mengonsumsi biji chia memberikan energi yang sama dengan minuman penambah energi. Dua sendok makan chia juga menyediakan sekitar 24 gram karbohidrat dan 4,8 gram Omega-3.

Demikian informasi singkat tentang berbagai makanan sehat yang tidak akan membuat Anda lemas dan ngantuk setelah makan siang.


https://www.merdeka.com/gaya/makanan-yang-bisa-mencegah-lemas-dan-ngantuk-setelah-makan-siang-69909-mvk.html

makanan sehat cegah ngantuk kuliner


Loading...