Berikut Resep Steamboat Kuah Tom Yum

Berikut Resep Steamboat Kuah Tom Yum
Ilustrasi (Cookpad.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Rabu, 3 Januari 2024 15:20 WIB

Terasjabar.id -- SEJAK semalam hingga siang hari ini, Rabu (3/1/2024) hujan telah mengguyur sebagian besar wilayah di Indonesia. Cuaca dingin yang hadir ketika hujan deras mengguyur, biasanya menimbulkan rasa lapar.

Ketika musim hujan rasa ingin menyantap hidangan yang berkuah, dengan rasa gurih dan juga segar untuk menghangatkan badan semakin meningkat. Nah, salah satu hidangan menarik untuk disantap di suhu dingin seperti ini, salah satunya adalah Steamboat Kuah Tom Yum.

Bahan-bahannya pun sangat mudah ditemui di pasar atau minimarket terdekat dari rumah, serta cara membuatnya yang relatif mudah. Berikut resepnya, sebagaimana dikutip dari akun X @yearendsale_, Rabu (3/1/2024)

Bahan dasar:

1 ikat pakcoy

1 bungkus jamur enoki

Udang, jumlahnya sesuai selera

2 batang serai

4 daun jeruk

Frozen seafood mix secukupnya

1 buah jeruk nipis (opsional)

1 bungkus bumbu tom yum instan

750 ml air

Cara membuat;

1. Didihkan 750ml air sampai mendidih, kemudian masukkan sereh yang sudah digeprek, dan daun jeruk ke dalam air yang mendidih.


2. Tunggu beberapa menit, lalu tuang bumbu tom yum instan dan aduk bumbu hingga tercampur rata. Setelah diaduk meata, baru bisa masukkan udang ke dalam air yang sudah mendidih hingga matang.

3. Udang sudah matang, baru tambahkan semua frozen seafood mix.


4. Tunggu beberapa menit hingga frozen seafood mix sedikit mengembang, tes rasa dan jika dirasa kurang bisa tambahkan beberapa bumbu sesuai selera mulai dari garam, gula, cabai ataupun jeruk nipis bila dirasa kurang asam.

5. Jika dirasa sudah pas dan frozen seafood mixnya sudah matang, masukkan jamur enoki dan pakcoy. Tunggu hingga keduanya matang. Steamboat kuah tom yum siap disantap di tengah dinginnya musim hujan ini.

Disadur dari Okezone.com 

Steamboat Kuah Tom Yum Resep Cara Membuat


Loading...