Berikut Link Pendaftaran Seleksi CPNS 2024

Berikut Link Pendaftaran Seleksi CPNS 2024
Ilustrasi (Digital Riau : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 3 Januari 2024 14:49 WIB

Terasjabar.id - Link pendaftaran seleksi CPNS 2024 menarik untuk diketahui. Pemerintah akan membuka seleksi CASN 2024 yang di dalamnya ada CPNS dan PPPK.

Nantinya pengumuman seleksi CPNS 2024 akan diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Presiden RI Joko Widodo akan mengumumkan pembukaan seleksi ASN 2024. Kebijakan pada 2024 diharapkan mengurangi sedapat mungkin jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dalam keterangan resmi, Rabu (3/1/2024).

Seperti seleksi tahun-tahun sebelumnnya, link pendaftaran seleksi CPNS 2024 tetap di sscasn.bkn.go.id

"Kami melaporkan perlunya fresh graduate yang lebih besar, tapi belum diputuskan, masih dikaji dalam minggu ini untuk didalami. Kami minta didalami berapa yang diperlukan mulai dari dokter, guru, hingga talenta-talenta digital yang akan direkrut,” ujar Azwar Anas

Adapun rencana seleksi CASN tahun ini, formasi yang diprioritaskan adalah guru dan tenaga kesehatan. “Pemenuhan ASN Tahun 2024 diprioritaskan pada kebutuhan ASN pada pelayanan dasar yakni tenaga guru dan tenaga kesehatan,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, rekrutmen CASN tahun 2024 menyasar 1,6 juta honorer yang masih perlu diakomodasi (proyeksi sisa tenaga non-ASN termasuk eks THK2 dari rekrutmen yang telah berjalan sampai 2023).

Dia berharap dalam waktu dekat ada kebijakan untuk menangani penataan tenaga non-ASN. “Beberapa alternatif solusi sudah disampaikan kepada Presiden,” tuturnya.

Selain itu, kebijakan rekrutmen pada 2024 juga diharapkan mengurangi sedapat mungkin jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital. Rekrutmen ASN diharapkan mengutamakan talenta-talenta digital.

"Arah rekrutmen ASN talenta digital ini untuk berfokus pada menciptakan nilai tambah ekonomi," jelas Azwar.

Menurut dia, arah kebijakan pemenuhan ASN tahun 2024 juga masih diprioritaskan pada pemenuhan kebutuhan ASN pada pelayanan dasar yakni guru dan tenaga kesehatan. Proyeksi kebutuhan ASN di tahun 2024 diperuntukkan bagi Instansi Pusat, Instansi Daerah, dan Lulusan Sekolah Kedinasan.

"Pemerataan guru di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) menjadi salah satu fokus pengadaan di tahun depan. Pemerintah juga akan memberi afirmasi bagi guru non-ASN yang telah mengabdi di daerah 3T agar bisa diakomodasi menjadi PPPK," tuturnya.

Disadur dari OKezone.com 

CPNS 2024 Seleksi PPPK SSCASN


Loading...