Berikut Beberapa Fitur HyperOS Paling Keren

Berikut Beberapa Fitur HyperOS Paling Keren
Ilustrasi (Uzone.id : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Selasa, 2 Januari 2024 10:35 WIB

Terasjabar.id - Xiaomi memperkenalkan sistem operasi terbarunya yang diberi nama HyperOS. Sistem yang berbasis Android 14 itu memiliki cukup banyak fitur yang mempermudah pengguna dan memberikan banyak peningkatan dalam ponsel.

Berikut ini tujuh fitur HyperOS paling keren yang ditawarkan Xiaomi:

1. Uninstall Bloatware

Tampaknya Xiaomi mengambil langkah besar untuk memberikan pengguna kemampuan menghapus instalan bloatware dengan mudah, berkat HyperOS.

Dari Mi Video hingga aplikasi Keamanan, Galeri, dan bahkan Game, sebagian besar aplikasi pra-instal yang mengganggu dapat dihapus instalasinya dengan HyperOS.

Dengan fitur ini, pengguna mendapatkan lebih banyak kontrol atas aplikasi di perangkat.

Meski begitu, pengguna tidak dapat menghapus instalan aplikasi seperti Mi Browser dan GetApps.

2. Kustomisasi lock screen

Dengan HyperOS, pengguna bisa melakukan kustomisasi lock screen sesuai keinginan. Ini mirip dengan fitur yang dibawa Apple dalam pembaruan iPS 16 dan Xiaomi menerapkannya dengan baik.

Pengguna bisa memilih antara gaya lock screen Classic, Rhombus, atau Magazine.

Selain itu, pengguna juga dapat mengubah font teks layar kunci dan gaya jam agar dipersonalisasi semaksimal mungkin.

3. Control Center yang lebih bersih

Control Center adalah fitur yang banyak digunakan sehari-hari, mulai dari mengakses WiFi, lokasi, hingga Bluetooth. Oleh karena itu, pengguna tentu ingin Control Center yang tertata rapi.

Untungnya, HyperOS memberikan Control Center yang lebih bersih dan elegan. Sistem ini menghilangkan semua nama ikon di Control Center, membuatnya lebih mirip iOS.

Selain itu, setelah pengguna menggeser ke bawah untuk membuka Control Center, pengguna tidak perlu lagi menggeser ke samping untuk mengakses semua pengaturan cepat.

Xiaomi resmi memperkenalkan sistem operasi (OS) terbaru bernama HyperOS. [Twitter Xiaomi]
Xiaomi resmi memperkenalkan sistem operasi (OS) terbaru bernama HyperOS. [Twitter Xiaomi]

4. Aplikasi Galeri yang ditingkatkan

HyperOS juga telah meningkatkan aplikasi Galeri dengan cara mendesain ulang. Sebelumnya, aplikasi Galeri hanya memiliki dua panel di bagian atas, yaitu Foto dan Album.

Berkat HyperOS, pengguna bisa melihatnya digeser ke bawah bersama dengan panel baru, yaitu Recommendations.


Panel Recommendations mencantumkan semua fitur yang sebelumnya ada saat mengetuk menu vertikal tiga titik di aplikasi Galeri di MIUI.

Selain kemampuan yang ada untuk mengubah latar belakang foto, dengan menggunakan fitur Cutouts di Galeri, kini pengguna dapat menyalin, menyimpan, atau mengirimnya di platform apa pun.

5. Peningkatan privasi dan keamanan

HyperOS Xiaomi menghadirkan halaman Privasi dan Kemaanan baru di aplikasi Settings.

Dalam pembaruan ini, pengguna akan mendapatkan fitur keamanan HyperOS terbaik yang dapat dimanfaatkan. Fitur ini mencegah ponsel dimatikan tanpa menggunakan PIN atau pola.

Sehingga, jika ada orang lain yang mencuri ponsel pengguna, maka orang tersebut tidak akan bisa mematikannya tanpa memasukkan kode PIN.

6. Ringan dan sangat cepat

Salah satu hal terbaik tentang HyperOS adalah bobotnya yang ringan.

Sebelumnya, MIUI 14 generasi terakhir membutuhkan sekitar 13GB. Namun, HyperOS membuat ukuran instalasi sistem operasi di bawah 10GB.

7. Dynamic Island

Sejak Dynamic Island hadir dengan model Apple iPhone 14 Pro dan Pro Max, Xiaomi tampaknya mengadoptasi fitur serupa seperti itu pada ponsel yang menggunakan HyperOS.

Meski begitu, Xiaomi belum menyebut fitur tersebut. Namun, itu akan berfungsi untuk mengaktifkan hotspot, mengisi daya ponsel, mengaktifkan Battery Saver, atau mengaktifkan Silent mode.

Xiaomi tampaknya banyak terinspirasi dari fitur milik Apple, hal ini terlihat dari pembaruan HyperOS.

Disadur dari Suara..com 

Xiaomi Andorid 14 Fitur Xiaomi


Loading...