BErikut Beberapa Manfaat Makan Tomat untuk Kesehatan Tubuh

BErikut Beberapa Manfaat Makan Tomat untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 31 Desember 2023 11:50 WIB

Terasjabar.id -- SEJUMLAH wilayah di Indonesia sering kali dilanda cuaca yang tak menentu. Panas dan hujan yang mulai melanda sejumlah wilayah di Indonesia ini, membuat masyarakat harus ekstra dalam menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.

Tak hanya dengan suplemen dan berolahraga, Anda juga bisa meningkatkan imunitas tubuh menggunakan bahan-bahan alami salah satunya yakni tomat. Tomat merupakan salah satu sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat. Siapa sangka, tomat ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh di tengah musim pancaroba ini loh!

Mau tahu, manfaat apa saja dari tomat terkait kesehatan dan imunitas tubuh? Yuk simak informasinya berikut, sebagaimana dihimpun dari WebMD dan Healthline, Minggu (31/12/2023)

1. Melawan radika bebas: Tomat kaya akan zat yang disebut likopen yang memberi warna merah cerah pada tomat, ini membantu melindungi tomat dari sinar ultraviolet matahari. Likopen adalah antioksidan dan berguna untuk melawan molekul yang disebut radikal bebas yang dapat merusak sel dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Makanan tinggi likopen, seperti tomat, dapat menurunkan kemungkinan kita terkena kanker paru-paru, perut, atau prostat.

2. Meredakan peradangan: Penelitian menunjukkan bahwa tomat dapat meredakan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol. Tomat juga mencegah pembekuan darah hingga membantu mencegah stroke

3. Menurunkan kadar kolesterol: Kandungan likopen pada tomat dapat membantu menurunkan kadar LDL alias si kolesterol jahat serta tekanan darah. Nutrisi lain dalam tomat, seperti vitamin B dan E serta antioksidan yang disebut flavonoid, juga bisa bantu meningkatkan kesehatan jantung.

4. Baik untuk pencernaan: Merupakan sumber serat yang baik dan tentu akan bermanfaat pada sistem pencernaan. Kesehatan sistem pencernaan yang baik tentu akan berdampak pada imunitas yang kuat.

5. Kaya vitamin: Tomat adalah sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik, mulai dari vitamin C, K1 dan vitamin B. Vitamin C merupakan nutrisi penting dan bersifat sebagai antioksidan. Sementara Vitamin K dikenal penting untuk kesehatan tulang, dan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan normal dan fungsi sel.

Disadur dari Okezone.com 

Cuaca Tomat Imunitas Tubuh Kesehatan


Loading...