Berikut Cara Mencegah Kolesterol Kambuh Setelah Liburan

Berikut Cara Mencegah Kolesterol Kambuh Setelah Liburan
Ilustrasi (Lifestyle Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 29 Desember 2023 14:20 WIB

Terasjabar.id - Dokter spesialis penyakit dalam ingatkan tetap jaga pola makan sehat cegah kolesterol saat liburan akhir tahun 2023. Apalagi jenis makanan yang dikonsumsi cenderung tinggi lemak jenuh.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah Puri Indah, dr. Wirawan Hambali, Sp.PD menjelaskan kolesterol adalah adalah lemak yang beredar di dalam tubuh. Di dalam darah, lemak kolesterol ini dibawa oleh protein. Gabungan keduanya disebut dengan lipoprotein.

"Dalam kadar yang sesuai, kandungan tersebut sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru, membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Selain itu, senyawa ini juga dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan, produksi hormon, dan membentuk vitamin D," jelas dr. Wirawan melalui keterangannya yang diterima beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, jika kadar lipoprotein itu terlalu tinggi bisa membahayakan tubuh yang akhirnya memicu penyakit dan komplikasi seperti kolesterol.

Perlu diketahui, ada dua jenis utama lipoprotein yaitu adalah lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) atau kolesterol jahat. Sedangkan lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) atau kolesterol baik berfungsi untuk membantu mengangkut kolesterol (membersihkan atau scavenger) dari pembuluh darah arteri untuk kembali ke dalam hati.

Berikut ini cara mencegah kolesterol saat liburan akhir tahun dengan pola makan, gaya hidup hingga obat-obatan menurut dr. Wirawan:

Ilustrasi alat tes kolesterol (Pexels/NataliyaVaitkevich)
Ilustrasi alat tes kolesterol (Pexels/NataliyaVaitkevich)

1. Perubahan Gaya Hidup

Menerapkan pola makan sehat dengan menghindari makanan tinggi
lemak jenuh, kolesterol, makanan olahan, makanan dengan kadar garam dan kadar gula tinggi saat liburan. Jangan biarkan kegiatan kebersamaan keluarga justru mengancam penyakit.

"Peningkatan aktivitas fisik juga dapat membantu mencegah dan mengelola gangguan kolesterol. Penting juga untuk menghindari alkohol dan menghentikan kebiasaan merokok," jelasnya.

2. Penggunaan Obat-obatan

Jika perubahan gaya hidup tidak cukup efektif, dokter dapat
meresepkan obat-obatan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol saat sebelum pergi liburan. Perlu diingat bahwa penggunaan obat-obatan jenis statin dapat memberikan dampak pada kehamilan.

"Penggunaan obat statin pada wanita usia produktif, terkait dengan manfaat dan risiko yang dapat ditimbulkan, dapat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam," paparnya.

3. Pemeriksaan Rutin Kolesterol

Sebaik sebelum liburan lakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara rutin sesuai dengan petunjuk dokter spesialis penyakit dalam. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan pemeriksaan darah profil lipid di laboratorium.

4. Cara Informasi Sebelum Liburan

Perkaya diri dengan informasi tentang gangguan kolesterol dan dampaknya pada kesehatan. Khususnya jangan sampai kolesterol kambuh setelah liburan, berisiko mengganggu produktivitas saat kembali bekerja.

"Pengetahuan yang lebih baik dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik terkait dengan kesehatan Anda," pungkas dr. Wirawan.

Disadur dari Suara.com 

Kolesterol Cara Mencegah Pola Makan


Loading...