Inilah Beberapa Kelebihan iOS yang Tak Dimiliki Android

Inilah Beberapa Kelebihan iOS yang Tak Dimiliki Android
Ilustrasi (Sindonews.com : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Jumat, 29 Desember 2023 10:45 WIB

Terasjabar.id - Perdebatan antara platform iOS dan Android hingga kini masih berlangsung. Namun, ada beberapa kelebihan iOS yang membuatnya lebih unggul dibandingkan Android.

Hal itu membuat pengguna iOS tetap menggunakan iPhone dan tak ingin beralih ke Android. Berikut ini lima kelebihan iOS yang tidak dimiliki Android:

1. iOS lebih cepat dan lancar

Pengguna iOS mengalami lebih sedikit gangguan dan kelambatan dibandingkan Android. Performa adalah salah satu hal yang biasanya dilakukan iOS lebih baik daripada Android.

Ekosistem tertutup Apple memungkinkan integrasi yang lebih erat, sehingga iPhone tidak memerlukan spesifikasi super canggih untuk menandingi ponsel Android kelas atas.

Karena Apple mengendalikan produksi dari awal hingga akhir, Apple dapat memastikan sumber daya digunakan dengan lebih efisien. Selain itu, pengembang harus mengikuti proses yang lebih ketat untuk merilis aplikasi.

Meski begitu, bukan berarti semua perangkat iOS bisa mengungguli semua perangkat Android. Namun secara umum, perangkat iOS lebih cepat dan lancar dibandingkan kebanyakan ponsel Android dengan kisaran harga yang sebanding.

2. iOS sangat mudah digunakan

Meskipun Google dan produsen mitranya telah melakukan perbaikan dalam menjadikan Android lebih intuitif, sistem operasi ini masih dapat membingungkan. Terlebih, penempatan aplikasi yang tidak seragam antara satu produsen HP Android dengan produsen lainnya membuat ponsel Android terasa berbeda satu sama lain.

Di sisi lain, pengguna Apple menyukai kesederhanaan sistem operasi iOS, sehingga ini bisa dibilang salah satu keunggulan iOS dibandingkan Android.

Tidak banyak yang tersedia di iOS dan itulah bagian dari daya tariknya. Banyak pecinta iPhone tidak ingin ponselnya disesuaikan.

Dengan iOS, pengguna mendapatkan halaman beranda dengan baris dan kolom ikon, yang dapat diatur sesuai keinginan, namun tidak ada laci aplikasi untuk menyembunyikan sesuatu.

3. Pembaruan tepat waktu

Memperbarui perangkat lunak adalah salah satu hal yang lebih baik dilakukan iOS daripada Android. Jika perangkat iOS memenuhi syarat untuk mendapatkan pembaruan terkini, perangkat tersebut akan mendapatkannya segera setelah diluncurkan.

Proses pembaruan tidak semulus ekosistem Android Google. Google hanya memberikan pembaruan langsung untuk produknya sendiri, seperti seri Pixel Fold atau Pixel 7.

Sementara itu, produsen seperti Samsung, Sony, Motorola, dan lainnya harus mendapatkan pembaruan dari Google, mengerjakannya, mengoptimalkannya untuk perangkat sendiri, dan kemudian mengirimkannya ke pengguna.

4. Ekosistem Apple

Google telah meningkatkan integrasi layanannya di seluruh perangkat dalam beberapa tahun terakhir. Terlepas dari itu, produk Apple seperti iPhone, iPad, Apple TV, Apple Watch, dan komputer Mac terintegrasi erat dengan iCloud, iMessage, FaceTime, dan layanan internal lainnya.

Meskipun Google memiliki layanan pesaingnya, perusahaan raksasa itu memiliki kurva pembelajaran dan tidak terasa terhubung secara intuitif.

Beberapa aplikasi yang diperlukan untuk mengakses layanan inti Google belum diinstal sebelumnya, sehingga memaksa pengguna untuk mencarinya di Google Play Store.

Hal itu mungkin bukan masalah besar bagi sebagian besar pengguna yang paham teknologi, namun ini bisa menjadi tugas yang berat bagi sebagian orang yang awam.

Di sisi lain, Apple App Store memiliki kurasi dan pengawasan yang jauh lebih baik dibandingkan Google Play Store. Pengembang yang ingin menampilkan aplikasinya di App Store harus melalui serangkaian pemeriksaan dan prosedur yang panjang dan mahal.

Apple App Store umumnya lebih bersih, memiliki lebih sedikit iklan, dan menawarkan fitur tambahan yang keren.

5. Dukungan unggul

Apple memimpin dalam dukungan pelanggan. AppleCare mungkin mahal, tetapi klaim untuk perangkat iOS sangatlah mudah.

Berbicara tentang Apple Store, lokasi ritel Apple memiliki tampilan khas yang coba ditiru oleh banyak pengecer. Desain terbukanya menarik pengguna saat berjalan melewatinya.

Pengguna tidak perlu menghubungi operator, mencari nomor telepon layanan pelanggan, mengisi formulir online, mengirim faks, menunggu lama hanya untuk berbicara dengan robot, atau menunggu berminggu-minggu untuk perbaikan atau penggantian. Cukup kunjungi Apple Store terdekat dan nikmati layanan pelanggan dengan nyaman.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh iOS dibandingkan dengan Android.

Disadur dari Suara.com

iOS Android Kelebihan


Loading...