Serangga Spesies Baru di Dunia Ditemukan Remaja Asal NTT

Serangga Spesies Baru di Dunia Ditemukan Remaja Asal NTT
Serangga jenis baru di dunia ditemukan di NTT (Foto: X)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 28 Desember 2023 13:42 WIB

Terasjabar.id - Seekor serangga jenis baru ditemukan oleh seorang anak bernama Davis Marthin Damaledo asal Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia menjadi sorotan dunia setelah menemukan serangga spesies baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya.

Namanya kini terpampang abadi dalam sebuah publikasi ilmiah berjudul Nesiophasma sobesonbaaii n. sp. –a new giant stick insect from the island Timor, Indonesia (Insecta: Phasmatodea) yang terbit Maret 2023 lalu. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Kamis (28/12/2023), serangga spesies baru yang ditemukan Davis memiliki bentuk menyerupai ranting. Warnanya hijau terang dengan ukuran yang cukup besar, sekitar 20cm.

Serangga tersebut ditemukan oleh Davis pada tahun 2021 lalu. Kala itu, Davis yang memang sedari kecil gemar mengumpulkan serangga menemukannya sedang hinggap di sebuah pohon jambu biji di Desa Oemasi, Kupang, NTT.

Davis kemudian membawa pulang serangga unik itu dan meminta bantuan rekannya sesama penghobi serangga, Garda Bagus Damastra untuk melakukan identifikasi. Sayangnya keduanya menemukan jalan buntu.

Garga hanya berhasil mengetahui genusnya, yakni Nesiophasma. Garda kemudian meminta bantuan peneliti serangga asal Kanada, Frank H. Hennemann untuk melakukan identifikasi lebih lanjut dengan mengirim serangga tersebut ke Kanada.

Hasil identifikasi menyebutkan bahwa serangga ranting yang ditemukan Davis itu merupakan spesies baru. Davis dan Garda pun terlibat dalam penelitian dan menamai spesifikasi baru itu dengan Nesiophasma Sobesonbaaii.

Nama Sobesonbaaii sendiri diambil dari pahlawan nasional asal NTT, Sobe Sonbai III. Dengan temuannya itu, Davis beserta rekannya yang juga turut membantu, Garda berada dalam jajaran penulis publikasi ilmiah kelas dunia.

Disadur dari Okezone.com 

Serrangga Jenis Baru NTT Davis Marthin Damaledo


Loading...