Jay Idzes Resmi Jadi WNI, Kini Siap Bela Timnas Indonesia

Jay Idzes Resmi Jadi WNI, Kini Siap Bela Timnas Indonesia
(CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Kamis, 28 Desember 2023 10:15 WIB

Terasjabar.id -- JAY Idzes resmi jadi warga negara Indonesia (WNI). Pemain naturalisasi Indonesia itu pun kini siap membela Timnas Indonesia di berbagai laga ke depannya.

Ya, Jay Idzes telah sah menjadi WNI usai ambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, pada Kamis (28/12/2023) pagi WIB. Pemain keturunan Indonesia itu hadir di Kanwil Kemenkumham ditemani sang kekasih, Pien Boonen.

Jay Idzes tiba di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Foto: Andika Rachmansyah/MNC Portal Indonesia

(Jay Idzes tiba di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Foto: Andika Rachmansyah/MNC Portal Indonesia)

Idzes tiba Kanwil Kemenkumham sejak pukul 07.45 WIB. Pemain Venezia itu datang mengenakan setelan jas lengkap dengan kemeja berwarna putih.

Kemudian, Idzes pun langsung masuk ke tempat pengambilan sumpah WNI. Prosesi pengambilan sumpah dipimpin oleh Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

Prosesi itu tidak bisa dihadiri oleh awak media, namun bisa dilhat melalui tayangan live streaming pada kanal Youtube PSSI. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, tak lama setelah itu Idzes pun langsung diambil sumpah.


"Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh," ucap Idzes mengikuti ucapan Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

"Melepaskan, seluruh kesetiaan setia saya kepada kekuasaan asing, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan akan membelanya, dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan, kewajiban, yang dibebankan negara kepada saya, sebagai warga negara Indonesia dengan tulus dan ikhlas," sambungnya kemudian.

Dengan rampungnya proses naturalisasi ini, Jay Idzes sudah dapat segera memperkuat Timnas Indonesia. Dia menambah daftar pemain keturunan yang sudah dinaturalisasi.

Sebelumnya, PSSI telah merampungkan naturalisasi beberapa pemain keturunan, seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner. Para pemain tersebut pun sudah jadi langganan memperkuat Timnas Indonesia asuhan Shin Te-yong saat ini.

Seperti diketahui, pada September 2023, pemain bernama lengkap Jay Noah Idzes itu sudah bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Pertemuan itu sekaligus pengumuman kalau dirinya adalah calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Proses naturalisasi Idzes terbilang berlangsung singkat, sama seperti Nathan Tjoe-A-On yang belum ambil sumpah WNI. Pada awal Desember 2023, Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasi keduanya. Sehari berselang Paripurna DPR mengetuk palu persetujuan.

Jay Idzes saat prosesi ambil sumpah WNI di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Foto: Andika Rachmansyah/MNC Portal Indonesia

(Jay Idzes saat prosesi ambil sumpah WNI di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Foto: Andika Rachmansyah/MNC Portal Indonesia)

Sejatinya, Idzes diproyeksikan untuk Piala Asia 2023. Tetapi, mengingat Timnas Indonesia telah memulai pemusatan latihan di Turki, peluangnya untuk berseragam Merah Putih dalam ajang tersebut pun sirna.

Kendati begitu, Jay Idzes berkemungkinan besar akan menjalani debutnya di Timnas Indonesia pada lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuad Garuda akan kembali memulai perjuangannya dengan melawan Vietnam di matchday ketiga pada 21 Maret 2024.



Disadur dari Okezone.com 

Jay Idzes WNI Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Timnas Indonesia


Loading...