Berikut Beberapa Cara Mencegah Pneumonia Sejak Dini

Berikut Beberapa Cara Mencegah Pneumonia Sejak Dini
Ilustrasi (AIA Financial : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 30 November 2023 12:02 WIB

Terasjabar.id -- KINI penyakit pnemonia misterius menyerang China. Banyak rumah sakit di negara tersebut yang menerima terlalu banyak pasien akibat pernyakit tersebut.

Indonesia kiranya juga perlu waspada menghadapi munculnya pneumonia sebab penyakit bisa masuk lintas negara akibat banyaknya orang yang traveling. Bakteri streptococcus pneumoniae merupakan salah satu bakteri paling umum penyebab pneumonia.

Lalu bagaimana cara mencegah penyakit pneumonia?

Dikutip dari Ciputra Hospital, berikut ini sejumlah cara mencegah pneumonia,

1. Berhenti Merokok

Merokok dapat menyakiti paru-paru dan bahkan bisa menimbulkan infeksi pneumonia. Perokok berisiko lebih besar terkena pneumonia yang mengancam jiwa dan komplikasi penyakit lainnya. Berhenti merokok dapat membantu paru-paru menjadi lebih kuat dan mampu melawan infeksi paru-paru.



2. Rajin Mencuci Tangan

Rajin mencuci tangan merupakan salah satu cara untuk menjaga diri agar terhindar dari berbagai jenis penyakit termasuk infeksi pneumonia. Gunakan air dan sabun untuk mendapatkan busa. Lalu, gosoklah selama kurang lebih 20 detik. Hindari menyentuh wajah dan mata jika tangan dalam kondisi kotor.

3. Hindari Alkohol

Peminum alkohol akan berisiko lebih besar terkena pneumonia dan komplikasi lainnya. Penyalahgunaan alkohol menyebabkan tubuh tidak mampu melawan infeksi dan menurunkan kekebalan tubuh. Para ahli merekomendasikan agar wanita minum tidak lebih dari satu minuman dalam sehari, sedangkan pria tidak lebih dari dua minuman.



4. Menjaga Pola Hidup Sehat

Menjaga pola hidup sehat merupakan salah satu pilihan terbaik terhadap infeksi penyakit. Guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seseorang perlu melakukan olahraga secara teratur, mengikuti diet sehat, mengonsumsi buah dan sayuran, tidur cukup, serta mengurangi stres.

Selain itu, mengimbangi dengan makan makanan sehat serta olahraga teratur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Melakukan diet sehat dapat dilakukan serta dianjurkan berdasarkan hasil konsultasi dokter supaya bisa terpantau dengan baik.

5. Mencegah pneumonia dengan vaksin 

Bagaimana cara mencegah penyakit pneumonia dengan vaksin? Ada dua jenis vaksin yang dapat melindungi seseorang dari bakteri streptococcus pneumoniae, yaitu salah satu bakteri paling umum penyebab pneumonia. Vaksin pertama adalah PCV13, berguna untuk melindungi seseorang dari 13 jenis bakteri paling parah penyebab pneumonia. Kedua, PPSV23, berguna untuk melindungi dari 23 jenis bakteri pneumonia lainnya.

Beberapa golongan yang perlu mendapatkan vaksin, meliputi:

1. Anak-anak dengan usia di bawah 2 tahun

2. Anak usia 2-5 tahun dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit paru kronis, penyakit jantung kronis, dan diabetes

3. Semua orang dewasa dalam rentan usia 19 tahun dengan kondisi kesehatan kronis atau faktor risiko tertentu, seperti asma, PPOK, diabetes, penyakit jantung, dan perokok

4. Semua orang dewasa dengan usia di atas 65 tahun

Ada beberapa jenis vaksin yang dapat mencegah infeksi pneumonia, antara lain vaksin pertusis (batuk rejan), COVID-19, cacar air, dan campak. Silakan konsultasikan dengan dokter terkait jenis vaksin yang akan diambil agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan usia penerima vaksin.


Disadur dari Okezone.com 

Penyakit Pnemonia Cara Mencegah


Loading...