SMPN 4 Garut Gelar Permadani di Buper Green Patriot 2024

SMPN 4 Garut Gelar Permadani di Buper Green Patriot 2024
Editor: Jajang Teras Garut —Kamis, 5 September 2024 20:14 WIB

TERASJABAR.ID - Gugus Depan 01-027 & 01-028 SMPN 4 Garut menggelar Perkemahan nuansa Dakwah dan Islami (Permadani) khusus kelas VII di Bumi Perkemahan (Buper) Green Patriot Bela Negara, Jl. Cipanas Baru, Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Permadani mulai dari hari Kamis-Sabtu, 5-7 September 2024 ini dibuka oleh Kepala SMPN 4 Garut, H. Burhan, S.Pd., M.Pd., dengan tujuan utamanya adalah belajar mengembangkan diri secara emosional, sosial, dan fisik, sehingga mereka dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih matang dan bertanggung jawab.

Dalam Permadani ini siswa-siswi dapat mengembangkan keterampilan kemandirian, seperti mengurus diri sendiri, mengambil keputusan, dan menyelesaikan masalah, serta belajar bekerja sama dengan teman-temannya.

Mereka juga dapat mempelajari keterampilan kepemimpinan, seperti memimpin tim, mengorganisir tugas, dan mengelola kelompok, juga belajar lebih dalam tentang lingkungan hidup, alam, dan pentingnya menjaga kelestarian alam.

Selain itu, mereka juga belajar kedisiplinan, belajar berinteraksi dengan teman sebayanya, mengatasi perbedaan, dan membangun persahabatan. Ini sangat penting dalam pembentukan karakter dan keterampilan interpersonal mereka.

Melalui Permadani ini diharapkan dapat membawa pulang nilai-nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat.

Untuk itu, H. Burhan berpesan agar setiap melakukan aktivitas agar mengikuti instruksi dari para pembina, dan jika ada kejadian seperti sakit atau hal-hal lainnya segera melapor, serta jika ada keperluan keluar, minta izin terlebih dahulu.

"Mudah-mudahan dari Permadani ini bisa diambil hikmahnya, dan Pramuka itu cinta alam, nanti apa yang diberikan para pemateri, bisa diaplikasikannya dalam pembelajaran di sekolah," tandasnya. ***Jajang Sukmana

Perkemahan SMPN 4 Garut 2024


Loading...