Berikut Beberapa Manfaat Madu yang Wajib Kamu Tahu

Berikut Beberapa Manfaat Madu yang Wajib Kamu Tahu
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Senin, 18 September 2023 13:49 WIB

Terasjabar.id -- Umumnya madu dikonsumsi sebagai campuran minuman ataupun treatment kecantikan. Namun, ternyata di balik manisnya madu menyimpan berbagai khasiat kesehatan yang menakjubkan, lho.

Ada berbagai penyakit serius yang dapat dicegah lewat rutin mengonsumsi madu. Lalu, apa saja khasiat madu? Berikut akan diulas beberapa contoh manfaat kesehatan dari madu seperti dilansir dari laman MedicineNet.

1. Menurunkan kadar gula darah

Berdasarkan penelitian diketahui bahwa madu bisa bermanfaat dalam proses pengobatan diabetes dan mengelola kadar gula darah.

Madu mengandung antioksidan yang memainkan peran penting dalam mengendalikan penyakit diabetes mellitus. Meski rasanya manis, ternyata madu dapat menurunkan kadar gula (glukosa plasma) pada penderita diabetes, lho.

Tak hanya itu, madu juga mampu mengurangi kandungan lemak dan protein reaktif dalam darah. Manfaat ini sangat berguna terutama bagi mereka yang menderita hiperlipidemia (kolesterol tinggi).

2. Mencegah kanker semakin meluas

Selain baik dikonsumsi untuk penderita diabetes, madu pun sangat berkhasiat bagi pasien kanker. Hasil studi terbaru menunjukkan bahwa madu dapat membantu melawan kanker dengan mengganggu jalur sinyal sel.

Madu mampu memicu respons imun terhadap sel kanker, mencegah sel-sel kanker berkembang biak. Tindakan ini dapat mencegah sel kanker paru-paru, sel kanker kulit, kanker usus besar, kanker prostat, sel kanker mulut, kanker payudara, leukemia, kanker kandung kemih, dan sel kanker tulang berkembang dan semakin meluas.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan antioksidan yang ada dalam madu bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi risiko terjadinya gagal jantung.

Kemampuan untuk mengurangi risiko gagal jantung ini dilakukan dengan cara mengurangi kemampuan trombosit dalam darah berubah menjadi gumpalan dan mencegah lipoprotein densitas rendah (protein yang membawa kolesterol dalam aliran darah) dari proses oksidasi.

Dengan demikian, aliran darah jadi lancar dan kandungan kolesterol jahat pun jadi berkurang.

4. Sumber antioksidan

Banyak penyakit disebabkan tingginya radikal bebas. Radikal bebas ini dapat memicu penuaan dini, mengganggu fungsi sel, dan menyebabkan gangguan jantung serta pembuluh darah. Untuk itulah kita perlu banyak mengonsumsi makanan kaya antioksidan untuk melindungi tubuh dan melawan radikal bebas.

Nah, salah satu sumber antioksidan yang bisa kamu konsumsi sehari-hari, yakni madu. Gak hanya bisa mencegah berbagai penyakit, rutin mengonsumsi madu juga bisa meningkatkan sistem imun, lho.

Disadur dari Yoursay.i d

Madu Manfaat Kesehatan


Loading...