Berikut Beberapa Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Maulid Nabi

Berikut Beberapa Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Maulid Nabi
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Life Style —Selasa, 12 September 2023 13:58 WIB

Terasjabar.id - Maulid Nabi menjadi salah satu hal yang penting bagi umat Islam. Maulid Nabi ini sendiri merupakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW yang tepat jatuh pada 12 Rabiul Awal.

Pada tahun ini, Maulid Nabi Muhammad jatuh pada 28 September 2023. Sementara pada tanggalan hijriah, Maulid Nabi 2023 ini berarti jatuh pada 12 Rabiul Awal 1055 hijriyah.

Dalam memperingati Maulid Nabi ini, biasanya umat Muslim akan mengadakan berbagai acara dan ibadah yang dilakukan untuk meneladani sikap Rasulullah SAW. Selain itu, terdapat juga berbagai amalan yang dianjurkan dilakukan untuk mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Lalu amalan apa saja yang dapat dilakukan pada saat Maulid Nabi Muhammad SAW? Berikut beberapa amalan yang dianjurkan dilakukan saat Maulid Nabi Muhammad SAW, mengutip Al Azhar Peduli.

1. Puasa sunah

Berpuasa sunah juga menjadi salah satu amalan yang dianjurkan dilakukan saat Maulid Nabi. Berpuasa sunah Senin-Kamis maupun Daud dapat memberikan pahala dari Allah SWT. Masalah puasa sunah ini dalam hadis juga dijelaskan.

Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa daud. Puasa daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari puasa dan sehari tidak." (HR Bukhari dan Muslim).

2. Memperbanyak shalawat

Amalan lain yang dianjurkan saat Maulid Nabi yakni memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Membaca shalawat untuk Nabi Muhammad SAW juga menjadikan orang tersebut beriman dan akan menolongnya di hari akhir. Hal ini juga telah disampaikan Allah SWT dalam Al Quran.

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat pada Nabi. Hai orang-orang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan,” QS Al Ahzab:56.

3. Bersedekah kepada sesama

Hal lain yang bisa diamalkan saat Maulid Nabi yaitu bersedekah. Memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan dengan cara bersedekah dapat mengurangi beban yang mereka tanggung. Dengan bersedekah berupa materi dan immateri, ini akan memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar. Selain itu, bersedekah juga memberi pahala bagi orang yang melakukannya.

4. Meneladani perilaku Nabi Muhammad

Amalan lain yang bisa dilakukan saat Maulid Nabi yakni meneladani perilaku dan sikap Rasulullah SAW. Meneladani perilaku Nabi Muhammad SAW ini akan memberikan kebaikan dan pahala untuknya. Bahkan, Nabi Muhammad SAW juga menyampaikan hal ini.

Nabi Muhammad bersabda: “Aku tinggalkan pada kalian dua hal, kalian tidak akan tersesat dengannya, yakni Kitabullah dan sunnah Nabi-Nya shallallahu alaihi wa sallam” (HR. Malik).



Disadur dari Suara.com 

Maulid Nabi Puasa Sunah Amalan Islam


Loading...