Berikut Beberapa Buah yang Bisa Sebagai Penambah Darah

Berikut Beberapa Buah yang Bisa Sebagai Penambah Darah
Ilustrasi (HappyFresh : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 31 Mei 2023 12:26 WIB

Terasjabar.id -- Anemia adalah masalah kesehatan yang umum di alami oleh banyak orang. Masalah kesehatan yang satu ini biasa terjadi pada tingkat ringan dan pada jangka waktu yang pendek. 

Sehingga orang yang mengalami amesia sering kali tidak sadar mengalami kondisi ini. Gejala anemia berupa pusing atau seperti akan pingsan, wajah pucat, lemas, hingga jantung berdebar. Namun, gejala dari anemia ini terkadang tidak terasa sama sekali. 

Ada banyak pilihan buah penambah darah yang dapat di konsumsi bagi penderita anemia. Berbagai nutrisi juga zat penting yang terkandung dalam buah penambah darah ini, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, asam folat, vitamin B12, akan membantu untuk meningkatkan produksi sel darah merah didalam tubuh.

Dilansir dari alodokter, 4 buah ini bisa dijadika sebagai buah penambah darah, 

1. Kurma 

Buah yang di gunakan sebagai pemanis alami sebagai penganti gula ini terbukti sebagai buah penambah darah yang baik di konsumsi oleh penderita anemia. Karena kandungan zat besi yang terdapat di dalam kurma yang di butuhkan dalam memproduksi sel darah merah.

2. Leci 

Leci kaya akan kandungan vitamin C, yaitu sebesar 72 miligram. Kandungan inilah yang dapat membantu penyerapan zat besi untuk mengatasi anemia. Leci juga terkandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang baik bagi kesehatan otak, jantung hingga pembuluh darah.

3. Pisang 

Pisang mempunyai kandung folat cukup tinggi. Pada pisang yang berukuran sedang, terkandung sebanyak 24 mikroogram folat. Kandungan dari folat ini membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin C yang bisa mengoptimalkan penyerapan zat besi didalam tubuh.

4. Bit 

Di dalam buah ini terkandung folat yang dapat membantu memproduksi sel darah merah, buah ini juga mengandung vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi, yang dapat mencegah penyakit anemia.

Itulah beberapa buah penambah darah yang bisa kamu konsumsi sehari-hari, tak hanya rasanya yang enak juga manis tetapi kandungan dari buah tersebut juga bisa mencegah kamu dari anemia. selamat mencoba, ya.

Disadur dari Yoursay.id

Anemia Buah Penambah Darah


Loading...