Pedangdut Senior Connie Nurlita Meninggal Dunia Disebut Karena Serangan Jantung

Pedangdut Senior Connie Nurlita Meninggal Dunia Disebut Karena Serangan Jantung
iNews.id
Editor: Malda Teras Health —Rabu, 31 Mei 2023 09:51 WIB

Terasjabar.id - Pedangdut senior Connie Nurlita meninggal dunia. Kepergiannya disebut mendadak yang dipicu serangan jantung.
"Beliau tidak sakit sama sekali. Serangan jantung tadi pagi," kata salah satu pihak manajemen Connie kepada media, Selasa (30/5/2023).

Serangan jantung terjadi saat aliran darah ke jantung berkurang atau tersumbat. Penyumbatan ini umumnya dipicu penumpukan lemak, kolesterol, hingga zat lain di dalam arteri jantung.

Beberapa waktu lalu, spesialis jantung dan pembuluh darah dr Dian Larasati SpJP mengatakan beberapa keluhan terkait serangan jantung kerap diabaikan pasien. Nyeri dada yang muncul seringnya dianggap keluhan biasa.

"Terutama nyeri ketika aktivitas dan ketika dia istirahat hilang, nah itu yang paling khas buat penyempitan pembuluh darah. Bila terasa berulang dan semakin sering, bisa jadi tanda menjelang serangan jantung, nah kadang kalau kaya gitu keluhannya suka diabaikan, dikira pegal, GERD," ujar dr Dian kepada detikcom.

Keluhan yang hilang timbul itu yang akhirnya membuat pasien tidak lantas memeriksakan diri ke dokter untuk melihat risiko serangan jantung. Sayangnya, tidak bisa diprediksi berapa lama perkiraan serangan jantung terjadi sejak keluhan awal muncul.

"Yang jelas bedanya kalau serangan jantung itu lebih nyeri dan terus-menerus dirasakan, bisa di dada kiri, bisa di punggung ke rahang, tangan, bisa macam-macam, hilang kesadaran juga bisa," sebutnya. "Nyeri disertai mual, muntah, keringat dingin, itu gejala paling khas dari serangan jantung,"tuturnya.

Dikutip dari Mayo Clinic, ada beberapa ciri-ciri keluhan umum serangan jantung yang paling sering dilaporkan, yakni:

Nyeri dada yang mungkin terasa seperti tertekan, sesak, nyeri, diremas atau nyeri
Nyeri atau rasa tidak nyaman yang menjalar ke bahu, lengan, punggung, leher, rahang, gigi atau terkadang perut bagian atas


Keringat dingin
Kelelahan
Gangguan pencernaan
Sakit kepala ringan atau pusing tiba-tiba
Mual
Sesak napas

Baca artikel detikHealth, "Pedangdut Connie Nurlita Meninggal, Gejala Serangan Jantung Ini Kerap Diabaikan" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6748169/pedangdut-connie-nurlita-meninggal-gejala-serangan-jantung-ini-kerap-diabaikan.


Connie Nurlita Serangan Jantung Viral Meninggal Dunia Lemak kolesterol Arteri Jantung


Loading...