Berikut Beberapa Jenis Makanan yang Membantu Meningkatkan Kadar Trombosit Darah

Berikut Beberapa Jenis Makanan yang Membantu Meningkatkan Kadar Trombosit Darah
Ilustrasi (Kompas Health : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Minggu, 21 Mei 2023 09:15 WIB

Terasjabar.id -- Trombosit merupakan salah satu komponen darah yang memiliki fungsi penting dalam proses pembekuan darah. Trombosit yang normal biasanya bertahan selama 10 hari, setelah itu sumsum tulang belakang akan kembali memproduksi trombosit untuk mempertahankan kadar normalnya, seperti dilansir pada laman Siloam Hospital.

Akan tetapi, kadar trombosit darah juga bisa mengalami penurunan drastis akibat beberapa penyakit, seperti demam berdarah dengue (DBD), anemia aplastik, sindrom urematik hemolitik, pembesaran limpa, serta kanker darah. Kondisi ini tentunya dapat mempengaruhi kemampuan darah untuk menggumpal jika terjadi luka, hingga mengalami pendarahan internal.

Nah, diartikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan kadar trombosit darah. Melansir dari Healthline dan Medscape, berikut empat diantaranya.

1. Jambu Biji

Buah yang memiliki rasa manis, asam, dan mengenyangkan ini menjadi pilihan utama bagi orang yang ingin meningkatkan kadar tromobosit. Pasalnya, jambu biji memiliki kandungan antioksidan berupa vitamin C dan quercetin.

Kombinasi dari kedua jenis zat penting ini mampu menghambat perkembangan virus dengue, meningkatkan kadar trombosit, hingga mempercepat penyembuhan penyakit. 

Perlu diketahui bahwa kadar vitamin C dalam buah jambu biji lebih tinggi dari jenis buah lain, yakni 85 mg per 100 gr daging buahnya. Selain itu jambu biji juga memiliki zat aktif yang disebut trombino. Zat ini mampu merangsang trombopoietin untuk memproduksi keping darah yang lebih banyak. Trombopoietin adalah pengatur utama produksi trombosit yang dihasilkan oleh hati dan ginjal.

2. Sayuran Hijau

Manfaat sayuran hijau bagi kesehatan memang tak diragukan lagi kebenarannya, termasuk meningkatkan jumlah trombosit. Sebab, sayuran hijau memiliki kandungan vitamin K dan asam folat yang tinggi sehingga mampu meningkatkan jumlah dan kekuatan trombosit, serta memisahkan sel trombosit yang saling menempel. Sayuran hijau juga memiliki kandungan zat besi non heme yang dapat membantu produksi sel darah merah.

3. Daging Merah

Daging merah menjadi sumber vitamin B12 terbaik diantara bahan makanan lainnya. Vitamin B12 diperlukan dalam proses pembentukan sel darah merah sekaligus meningkatkan kadar trombosit yang rendah.

Tak hanya itu, daging merah juga menjadi sumber zat besi heme yang melimpah. Sehingga mampu mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh yang berkaitan dengan jumlah trombosit.

4. Kuning Telur

Kuning telur memiliki kandungan vitamin D yang tinggi dan dianggap mampu menjaga serta meningkatkan kadar trombosit di dalam tubuh. Kuning telur juga menjadi sumber protein, zat besi, dan vitamin B12 yang mampu mempercepat penyembuhan penyakit.

Itulah tadi pembahasan tentang empat jenis makanan yang mampu meningkatkan kadar trombosit darah. Semoga bermanfaat!

Disadur dari Suara.com 

Trombosit Makanan Jambu Biji Sayuran


Loading...