Pengertian, Penyebab dan Cara Mengobati Varises, Memang Bukan Masalah Medis Serius Tapi Cukup Menggangu Pandangan !

Pengertian, Penyebab dan Cara Mengobati Varises, Memang Bukan Masalah Medis Serius Tapi Cukup Menggangu Pandangan !
Halodoc
Editor: Malda Teras Health —Kamis, 11 Mei 2023 12:27 WIB

Terasjabar.id - Pengertian, Penyebab dan Cara Mengobati Varises, Memang Bukan Masalah Medis Serius Tapi Cukup Menggangu Pandangan ! 

 Varises adalah kondisi yang umum dan dapat dialami oleh jutaan orang di seluruh dunia. Varises adalah pembuluh darah yang bengkak dan membesar yang biasanya muncul di kaki, meski bisa juga terjadi di bagian tubuh yang lain. Varises tidak sedap dipandang dan terkadang menyakitkan, tetapi biasanya bukan masalah medis yang serius.

Varises terjadi ketika katup di pembuluh darah yang membantu aliran darah dari kaki kembali ke jantung menjadi lemah atau rusak. Ketika ini terjadi, darah dapat menggenang di pembuluh darah, menyebabkannya membengkak dan berputar. Penyebab pasti varises tidak diketahui, tetapi beberapa faktor dapat meningkatkan risiko mengembangkannya, termasuk usia, jenis kelamin, riwayat keluarga, obesitas, dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Selain kemunculannya, varises juga dapat menimbulkan gejala seperti pegal, bengkak, dan rasa berat di kaki. Kasus varises yang lebih parah dapat menyebabkan komplikasi seperti borok kulit dan pembekuan darah. Penting untuk mencari saran medis jika memiliki varises, karena dokter dapat merekomendasikan perawatan terbaik berdasarkan kebutuhan pribadi dan tingkat keparahan kondisi.

Lebih lengkapnya tentang Varises, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (11/5/2023). Pengertian Varises, gejala dan penyebab Varises, beserta dengan cara mengobati dan pencegahannya.

Apa Itu Varises?

Varises adalah pembuluh darah bengkak yang muncul tepat di bawah permukaan kulit di tubuh bagian bawah. Ketika dinding pembuluh darah Anda lemah dan katup tidak berfungsi dengan baik, darah kembali ke pembuluh darah. Varises menyebabkan benjolan biru dan ungu yang lihat di tungkai, kaki, atau pergelangan kaki. Beberapa pilihan pengobatan dapat berhasil, tetapi varises dapat kembali.

Varises bengkak, pembuluh darah bengkok yang menonjol tepat di bawah permukaan kulit. Tonjolan biru atau ungu ini biasanya muncul di kaki, kaki, dan pergelangan kaki. Mereka bisa menyakitkan atau gatal. Vena laba-laba, yang mungkin mengelilingi varises, adalah garis-garis kecil berwarna merah atau ungu yang muncul di dekat permukaan kulit.

Meskipun tidak sedap dipandang dan tidak nyaman, varises tidak berbahaya bagi kebanyakan orang. Dalam beberapa kasus, varises yang parah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti pembekuan darah. Sebagian besar gejala varises bisa diredakan di rumah atau penyedia layanan kesehatan dapat mengobatinya dengan suntikan, terapi laser, atau pembedahan.

Potensi Terkena Varises

Siapa pun dapat mengembangkan varises. Faktor-faktor tertentu meningkatkan peluang mengembangkan varises, termasuk:

  1. Usia: Karena proses penuaan, dinding dan katup vena tidak berfungsi sebaik dulu. Vena kehilangan elastisitas dan menjadi kaku.
  2. Jenis Kelamin: Hormon wanita dapat membuat dinding pembuluh darah meregang. Orang yang sedang hamil, mengonsumsi pil KB atau mengalami menopause memiliki risiko lebih tinggi terkena varises karena perubahan kadar hormon.
  3. Riwayat keluarga: Kondisi ini dapat diwariskan (berjalan dalam keluarga).
  4. Gaya hidup: Berdiri atau duduk dalam waktu lama menurunkan sirkulasi. Mengenakan pakaian ketat, seperti korset atau celana dengan ikat pinggang ketat dapat menurunkan aliran darah.
  5. Kesehatan secara keseluruhan: Kondisi kesehatan tertentu, seperti sembelit parah atau tumor tertentu, meningkatkan tekanan pada pembuluh darah.
  6. Penggunaan tembakau: Orang yang menggunakan produk tembakau lebih mungkin mengembangkan varises.
  7. Berat: Kelebihan berat badan memberi tekanan pada pembuluh darah.

Varises sangat umum. Sekitar 1/3 dari semua orang dewasa memiliki varises. Mereka lebih umum pada orang yang ditetapkan sebagai perempuan saat lahir daripada orang yang ditetapkan sebagai laki-laki saat lahir.

Gejala Varises

Tanda varises yang paling mudah dikenali adalah vena berbintik-bintik, berwarna biru atau ungu tepat di bawah permukaan kulit. Gejalanya meliputi:

  1. Vena menonjol: Vena bengkok, bengkak, seperti tali seringkali berwarna biru atau ungu. Mereka muncul tepat di bawah permukaan kulit di kaki, pergelangan kaki, dan kaki Anda. Mereka dapat berkembang dalam kelompok. Garis merah atau biru kecil (vena laba-laba) mungkin muncul di dekatnya.
  2. Kaki berat: Otot di kaki Anda mungkin terasa lelah, berat, atau lesu, terutama setelah melakukan aktivitas fisik.
  3. Gatal: Area di sekitar varises mungkin terasa gatal.
  4. Nyeri: Kaki mungkin terasa sakit, pegal atau pegal, terutama di belakang lutut. Anda mungkin mengalami kram otot.
  5. Pembengkakan: Kaki, pergelangan kaki, dan kaki Anda bisa membengkak dan berdenyut.
  6. Perubahan warna kulit dan bisul: Jika tidak diobati, varises dapat menyebabkan perubahan warna menjadi coklat pada kulit Anda. Varises yang parah dapat menyebabkan ulkus vena (luka) pada kulit Anda.

 

Penyebab Varises 

Varises terjadi ketika dinding pembuluh darah melemah. Saat tekanan darah di pembuluh darah meningkat, dinding yang melemah memungkinkan pembuluh darah membesar. Saat pembuluh darah Anda meregang, katup yang membuat darah bergerak ke satu arah di pembuluh darah tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Darah yang lamban menumpuk atau menggenang di pembuluh darah, menyebabkan pembuluh darah membengkak, membengkak, dan berputar.

Dinding dan katup vena bisa menjadi lemah karena beberapa alasan, antara lain:

  1. Hormon.
  2. Proses penuaan.
  3. Kelebihan berat.
  4. Pakaian yang membatasi.
  5. Tekanan di dalam vena akibat berdiri dalam waktu lama.

Cara Mengobati Varises

Meskipun tidak ada obat untuk varises, perawatan berikut dapat mengurangi tampilannya dan mengurangi rasa tidak nyaman:

  1. Meninggikan anggota badan yang terkena: Untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan di pembuluh darah, Anda harus mengangkat kaki di atas pinggang beberapa kali sepanjang hari.
  2. Stoking elastis: Stoking atau kaus kaki yang mendukung menekan pembuluh darah dan mengurangi ketidaknyamanan. Kompresi menghentikan pembuluh darah dari peregangan dan membantu aliran darah.
  3. Terapi injeksi (skleroterapi): Selama skleroterapi , penyedia layanan kesehatan menyuntikkan larutan ke pembuluh darah Anda. Solusinya menyebabkan dinding vena saling menempel. Akhirnya, pembuluh darah berubah menjadi jaringan parut dan memudar.
  4. Terapi laser: Dalam prosedur invasif minimal yang disebut ablasi termal endovenous , penyedia layanan kesehatan menggunakan kateter (tabung panjang dan tipis) dan laser untuk menutup vena yang rusak.
  5. Operasi vena: Selama prosedur ini, juga disebut ligasi dan pengupasan , ahli bedah mengikat vena yang terkena (ligasi) untuk menghentikan darah menggenang. Dokter bedah dapat mengangkat (strip) vena untuk mencegah varises muncul kembali.

 

Komplikasi/efek samping pengobatan

Separuh dari orang yang menjalani operasi pengupasan kembali mengalami varises dalam waktu lima tahun, dan varises dapat terjadi lagi setelah ablasi endovenous juga. Potensi efek samping dari perawatan ini meliputi:

  1. Bekas luka.
  2. Kulit terbakar.
  3. Infeksi.
  4. Cedera pada saraf.
  5. Trombosis vena dalam (bekuan darah di pembuluh darah jauh di dalam tubuh Anda).

Skleroterapi dapat menyebabkan efek samping yang meliputi:

  1. Kemerahan atau memar selama beberapa hari di mana jarum masuk ke kulit Anda.
  2. Area coklat (selama beberapa bulan) pada kulit yang terkena jarum.
  3. Benjolan atau kekerasan selama beberapa bulan.
  4. Dengan skleroterapi, varises baru dapat terjadi dan memerlukan pengobatan.

Cara Mencegah Varises

Seseorang dapat mengurangi peluang mengembangkannya dengan menjalani gaya hidup aktif dan sehat. Penyedia layanan kesehatan merekomendasikan banyak tindakan yang sama untuk mencegah dan mengobati varises:

Hindari berdiri dalam waktu lama: Untuk mendorong aliran darah, istirahatlah secara teratur untuk meregangkan tubuh dan berjalan-jalan, terutama jika memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk berdiri.

  1. Tinggikan kaki: Mengangkat kaki di atas pinggang membantu aliran darah ke jantung.
  2. Pertahankan berat badan yang sehat: Menyingkirkan kelebihan berat badan mengurangi tekanan di dalam pembuluh darah.
  3. Hentikan penggunaan tembakau: Merokok merusak pembuluh darah, menurunkan aliran darah dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.
  4. Tetap aktif: Untuk meningkatkan sirkulasi, seringlah bergerak dan hindari duduk diam dalam waktu lama.
  5. Cobalah stocking kompresi: Mendukung kaus kaki dan pantyhose menekan pembuluh darah dan membantu sirkulasi darah, yang dapat mencegah varises menjadi lebih buruk.
  6. Kenakan pakaian yang pas: Untuk mendorong aliran darah, pastikan ikat pinggang tidak terlalu ketat.

(Sumber: Liputan6.com) 

Varises Penyebab Viral Medis Masalah Medis Aliran Darah


Loading...