Sangat Mudah Ditemukan, Berikut Daftar Bakso Paling Populer di Indonesia

Sangat Mudah Ditemukan, Berikut Daftar Bakso Paling Populer di Indonesia
Ilustrasi (Tribun Wiki : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Rabu, 26 April 2023 09:05 WIB

Terasjabar.id -- Bakso adalah salah satu jenis makanan yang mudah sekali ditemukan di Indonesia. Sudah bisa dipastikan jika di semua kota yang ada di Indonesia kita ini bisa dengan mudah menemukan pedagang bakso.

Setiap kota rupanya juga mempunyai bakso yang khas sendiri, lho. Kekhasan ini biasanya terdiri dari rasa, bentuk ataupun sajian pendampingnya.

Ada beberapa jenis bakso yang sangat populer di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis bakso tersebut, yuk simak ulasannya:

1. Bakso Solo

Bakso Solo identik dengan kuahnya yang bening dan juga gurih kaldu natural. Biasanya cita rasa dari kuah bakso Solo tidak terasa tajam.

Walaupun demikian rasanya masih sangat nikmat untuk disantap, apalagi bakso Solo sangat terkenal akan kepadatan dagingnya. Bakso solo berani memakai daging sapi diatas 90%, sehingga memiliki rasa sapi yang khas. 

Biasanya warung bakso yang ada di Kota Solo menyajikan atau menjual balungan iga pada semangkuk bakso, ini juga menjadi salah satu ciri khas dari bakso Solo. Selain itu, warung bakso juga menjual beranekaragam gorengan, seperti tahu dan juga bakwan yang dapat dicampurkan dengan bakso juga, lho.

2.Bakso Malang

Rasanya belum lengkap jika pergi ke Malang tanpa membeli bakso. Ciri khas dari bakso Malang ialah bakso mempunyai cita rasa gurih yang sangat khas.

Biasanya dalam satu porsi Bakso malang disajikan bersama dengan pangsit goreng, mie kuning, siomay, tahu, mie bihun, ceker goreng, kepala ayam goreng, paru goreng, lontong dan masih banyak lagi yang lainnya. 

3.Bakso Cuanki

Mungkin bagi sebagian masyarakat yang tinggal di Jawa Barat, khususnya di sekitaran Bandung dan juga Bogor, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bakso cuanki. Bahkan ada beberapa orang yang menyebutnya bakso bandung.

Tampilannya hampir sama dengan bakso Malang. Tetapi, bakso cuanki mempunyai ukuran yang lebih kecil. Selain itu, kuah bakso cuanki terbuka dari rebusan tulang ikan, bukannya terbuat dari daging sapi seperti bakso lainnya. 

4.Bakso Bakar

Bakso bakar adalah bakso yang disajikan dengan cara dibakar terlebih dahulu. Biasanya, bakso bakar dijual menggunakan bumbu pedas. Rasa dari bakso bakar cukup unik dan juga khas. Jadi, tidak heran apabila bakso bakar menjadi salah satu bakso yang cukup favorit ditengah masyarakat Indonesia.

Nah, itulah tadi beberapa daftar bakso yang paling populer di Indonesia, semoga bermanfaat ya. 

Disadur dari Yoursay.id

Bakso Jenis Indonesia


Loading...