Berikut Beberapa Tips untuk Memilih Program Diet yang Tepat

Berikut Beberapa Tips untuk Memilih Program Diet yang Tepat
Ilustrasi (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Jumat, 14 April 2023 13:25 WIB

Terasjabar.id -- Sebagian orang masih menganggap bahwa diet hanya ditujukan untuk menurunkan berat badan semata. Padahal diet merupakan pengaturan konsumsi makanan dengan berbagai tujuan.

Misalnya untuk menaikkan berat badan, menjaga berat badan tetap ideal, menurunkan tekanan darah, serta kondisi medis lainnya yang menuntut seseorang harus melakukan diet disamping intervensi secara medis.

Belakangan sering kita jumpai berbagai program diet yang tidak direkomendasikan oleh para ahli. Hal ini disebabkan karena program diet tersebut memiliki kekurangan yang berdampak negatif pada tubuh.

Untuk itu, diartikel kali ini kita akan membahas tentang tips untuk memilih program diet yang tepat agar mendapatkan tujuan yang diinginkan. Dilansir dari laman Everyday Health dan The Washington Post, berikut penjelasannya.

1. Tentukan Tujuan Diet dengan Jelas

Hindari kebiasaan mengikuti tren diet tanpa disertai dengan tujuan yang jelas. Setiap orang memiliki reaksi metabolisme serta respons tubuh yang berbeda-beda. Misalnya, jika kamu ingin menurunkan berat badan maka terapkanlah program diet rendah kalori.

Sebaliknya jika kamu ingin menaikkan berat badan maka terapkan diet tinggi kalori dan protein. Namun, jika kamu memiliki masalah medis seperti kadar kolesterol yang tinggi, kamu bisa memilih diet rendah lemak, atau jika kamu memiliki kadar asam urat yang tinggi kamu bisa mencoba diet rendah purin.

Intinya, jangan sembarangan mencoba diet tertentu tanpa kamu ketahui apa hasil dan dampak yang akan ditimbulkan nantinya.

2. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Untuk meminimalisir kesalahan dalam penerapan diet, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu dari berbagai sumber terpercaya.

Sebagai contoh, kamu bisa mempelajari diet gizi seimbang untuk mencapai berat badan ideal dari jurnal, artikel, buku, serta web kesehatan yang telah terbukti kebenarannya. 

3. Perhatikan Tingkat Keamanan Diet 

Ada beberapa jenis diet yang memiliki risiko bagi kesehatan, tentu hal ini akan berdampak buruk jika kamu tidak mengetahui kejelasannya apalagi sampai mengabaikan hal penting ini.

Contoh diet yang memiliki risiko bagi tubuh yakni diet keto, diet mayo, diet atkins, diet 500 kalori, diet makanan mentah, dan lainnya.

Dampak buruk yang ditimbulkan dari diet-diet ini, berupa penurunan laju metabolisme tubuh, menurunkan sistem imun, hingga defisiensi zat gizi tertentu yang dapat menimbulkan penyakit.

4. Konsultasi Kepada Ahli nya

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah berkonsultasi pada ahli gizi mengenai jenis diet yang akan kamu terapkan. Kamu juga perlu mendapatkan bimbingan dari ahli gizi agar diet yang akan kamu terapkan memberikan hasil yang maksimal dan terhindar dari dampak yang merugikan.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Diet Kesehatan. Tips Berat Badan


Loading...